Uncategorized, Workshop

Tips Cepat Membuat Content Marketing

Membuat content untuk blog itu gampang-gampang susah ya. Gampang kalo lagi pas dapat ide bagus dan mood juga lagi oke. Tapi..jadi susah kalo ide lagi entah dimana plus pas lagi moody (itu mah saya ya..hehehe), walaupun ga berlaku tuk semua orang sih. Sebenarnya ada kok tips-tips berkaitan dengan membuat content di blog terutama content marketing supaya blog kita itu rame dan pembaca jadi ga sabar untuk menunggu “what’s next” dari blog kita itu.

Workshop blogging kali ini, diadakan di salah satu restoran di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan (27/08/2017) yang merupakan kolaborasi Komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB) dengan CNI Indonesia. Dibuka oleh Bapak Gusti Alenda selaku Marketing Manager CNI Indonesia yang mengatakan bahwa suatu kehormatan untuk CNI Indonesia dapat berbagi ilmu dengan rekan-rekan blogger, terutama kolaborasinya dengan ISB yang sudah kesekian kalinya itu.

CNI Indonesia adalah perusahaan asli Indonesia yang sudah berdiri sejak 30 tahun yang lalu dan sudah terdaftar di Asosiasi Pengusaha Penjualan Langsung Indonesia (APPLI). Tadinya saya kira CNI itu produk luar lho..ternyata asli Indonesia dan didirikan di Bandung, Jawa Barat.

Bpk Gusti Alenda, mas Niko Riansyah dan mbk Ani Berta

Dilanjutkan oleh sambutan mbak Ani Berta, selaku founder ISB yang berharap agar kita dapat menyerap sebanyak-banyaknya ilmu yang diberikan dan menerapkannya baik oleh pihak CNI Indonesia dan juga oleh mbak Haya Aliya Zaki nanti. Oiya, khusus mengenai tips dari mbak Haya, saya tulis terpisah di artikel berikutnya.

Adalah mas Niko Riansyah, Digital Marketing Specialist CNI Indonesia yang kali ini memberikan Tips Cepat dalam Membuat Content Marketing. Paparan mas Niko itu saya rangkum menjadi sebagai berikut:

  • Read alot, in order to write well

Menurut mas Niko, sebagai seorang blogger kita harus banyak banyak membaca. Karena dari membaca itulah kita mendapatkan wawasan tentang apa yang akan kita tulis, selain juga mengasah kemampuan kosakata kita. Ada banyak situs yang membuat content marketing yang bagus yang dapat kita jadikan acuan, seperti: Content Marketing International, Coppy Blogging, Hubspot, dll.

  • Identify, then understand your target audience

Usahakan dalam membuat content itu kita sudah tahu target pembaca kita. Jadi apa yang kita tulis itu memang benar-benar bermanfaat dan mengena. Setelah mendapatkan target pembaca yang kita inginkan, maka cobalah posisikan diri kita sebagai pembaca yang membutuhkan content yang mereka cari. Dengam memahami kebutuhan mereka, maka kita dapat dengan mudah membuat mereka untuk stay lebih lama di blog kita.

  • Look for relevant content, continuosly

Jadikan content blog kita itu content yang relevant, yang saling berhubungan, berkesinambungan. Sehingga pembaca akan terus menanti apa nih kelanjutan (what’s new) dari blog kita tersebut.

  • Publish free, long-term content

Buat blog kita itu mudah diakses tanpa harus registrasi terlebih dahulu. Karena kalau blog kita susah diakses bagaimana google dapat menandai content kita. Otomatis mengurangi pengunjung dan pembaca blog kita.

  • No copy paste

Wah..say Big No lah untuk copy paste. Content yang bagus itu haruslah hasil karya asli si penulis, bukan dari mengcopy paste karya orang lain. Practice makes perfect, semakin sering berlatih pasti.akan menghasilkan content terbaik daripada mengambil jalan pintas mengcopy punya orang lain.

  • Be creative and unique

Jadilah content writer yang kreatif dan unik, yang membedakan dari content-content yang lain. Sebaiknya punya ciri khas yang menjadi keunikan tersendiri.

  • Use social media to inform, distribute and converse

Jadikan sosial media sebagai sarana untuk mempromosikan content-content yang ada di blog kita. Melalui sosial media juga tulisan-tulisan kita jadi terbaca oleh target pembaca kita yang memang membutuhkan content yang tepat dengan mereka. 

  • Outsource as needed.

Sebagai media penyebaran atau pengenalan produk, sosial media juga diperlukan. Tenaga buzzer pun sekarang juga banyak diperlukan sebagai salah satu outsourcing penyebaran atau pengenalan produk.

  • Measure, quantify, adjust

    Lakukan tolok ukur sudah sesuai targetkah content yang kita buat itu kena ke pembaca. Tolok ukurnya bisa kita lihat dari pengunjung yang datang dan membaca content kita.

    Semoga dengan tips cepat membuat content marketing ala mas Niko dari CNI ini dapat membuat saya dan teman-teman jadi lebih mengerti bagaimana membuat content yang menarik tapi juga mempunyai keunikan tersendiri.

    Terima kasih CNI Indonesia untuk ilmu bloggingnya yang bermanfaat ini. Yang mau kepoin akun media sosial CNI Indonesia, yuk cekidot disini.

    http://www.cniindonesia.com

    Facebook : CNI Indonesia

    Twitter : @cni_id

    Instagram : CNI Indonesia

    8 thoughts on “Tips Cepat Membuat Content Marketing”

    Leave a comment