Uncategorized, Workshop

Tips Haya Aliya Zaki Menang Lomba Blog

“Yaah dia lagi, dia lagi yang menang. Dia deket sih ma juri dan panitianya tuh, saya mah apa sih cuma blogger baru”. Pernah donk ya kita dengar ucapan begitu saat mendengar pengumuman suatu lomba blog atau kita sendiri yang pernah ngucapinnya? Itu yang negatifnya, jangan lah ya.. Justru sebaiknya kita harus berpikiran positif dan semakin termotivasi . Kalo kata mbak Haya kejar tuh, yang menang lomba blog itu tulisannya seperti apa. Siapa tau kita malah jadi dapat ilmu dari tulisannya itu.

Untuk dapat memenangkan suatu lomba blog ternyata ada kiat-kiatnya lho. Kali ini bersama CNI Indonesia dan Komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB), saya berkesempatan mengikuti workshop dengan tema “How to Win Blogging Contest” pada 27 Agustus 2017 lalu. 

Seringkali saya merasa pesimis kalo mau ikut lomba blog, entah karena penyelenggaranya ataupun karena pesertanya yang sudah senior. Duuh, padahal setiap blogger pantas mendapatkan kesempatan untuk mengikuti lomba blog ya. Selain mengasah kemampuan menulis juga mendapatkan pengalaman dari lomba itu sendiri juga pastinya tergiur hadiahnya ya.

Workshop blogging kali ini, diadakan di salah satu restoran di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Berkolaborasi antara CNI Indonesia dan ISB, menghadirkan mbak Haya Aliya Zaki sebagai narasumbernya. Seorang momblogger, content writer juga pemenang berbagai lomba blog dan juri di berbagai lomba penulisan. Jam terbangnya udah tinggi banget deh.

Haya Aliya Zaki,momblogger, content writer.

Mbak Haya pertama kali ikut lomba blog itu karena ajakan mbak Ani Berta, founder ISB. Beliau pikir masa’ sih lomba blog aja hadiahnya kece-kece banget, ada gadget, uang berjut-jut, jalan-jalan yang rasanya ga mungkin. Mbak Haya pun mulai lah ikut lomba blog. Jatuh bangun saat ikut lomba blog pun pernah mbah Haya rasakan.

Pada suatu lomba pernah ada peserta yang tulisannya itu copy paste dari tulisan mbak Haya dan dia menang. Duuhh..kayak apa ya kecewanya, sayangnya waktu itu mbak Haya ga berani ngomong apa-apa hingga beberapa lama ke penyelenggara. Namun akhirnya mbak Haya ngomong ke penyelenggara bahwa si pemenang sudah meng-copy paste dari tulisannya berikut bukti-buktinya. Kejadian itu menjadi pelajaran tersendiri untuk mbak Haya.

Namun dari itu semua sudah banyak pencapaian yang mbak Haya dapatkan. Salah satunya yaitu memenangkan lomba blog yang hadiahnya berupa jalan-jalan ke Singapura. Semoga dengan sharing tips ini menjadi motivasi dan penyemangat saya juga teman-teman untuk mengikuti ajang lomba blog dan membuat konten artikel yang menarik.

Nah..untuk itulah mbak Haya berbagi ilmu bagaimana sih cara kita memenangkan suatu lomba blog dengan jujur dan berkualitas, bukan hasil copy paste karya orang lain. Poin-poin tips dari mbak Haya, saya rangkum sebagai berikut:

  • Passion, kenapa passion? Sama lah kalo kita mau makan,pakai baju, pasti kita pilih makanan/baju yang kita suka. Begitu juga dengan mengikuti lomba blog, pilih yang kita suka, dan yang kita mengerti.
  • Nama blog, what is a name? Tentulah penting. Gak mau donk tiba-tiba ada nama blog yang misalkan saja bernama upilkudotcom sedangkan dia bermaksud untuk mengikuti lomba blog yang brandnya brand kuliner. Itu sama aja menjatuhkan diri sendiri ya. Pilihlah nama blog yang sesuai dengan brand diri, tidak harus dotcom (TLD)kok, yang penting contentnya bagus dan menarik.
  • Tampilan blog juga harus bersih, pakai aja warna putih warna yang ramah untuk mata. Jangan terlalu banyak widget, iklan pop up yang malah mengganggu pembaca untuk membaca artikel kita. Buat seminimalis mungkin dan gunakan font yang jelas, gak usahlah pake font yang berukir-ukir yang malah bikin pusing liatnya.
  • Tema, perhatikan baik-baik tema yang dilombakan, apakah berhubungan dengan brand atau tidak.
  • Penyelenggara lomba. Seperti yang kita ketahui, lomba blog diadakan salah satunya untuk menambah citra positif brand penyelenggara. Maka pastikan brand tersebut bersih dan tidak sedang dalam suatu kasus atau tersangkut kasus.
  • Jurinya siapa? Penting lho kita tahu juri suatu lomba blog itu, karena kita bisa melihat dari selera mereka, misalkan ada yang suka storry telling.
  • Cermati peraturan lomba, perhatikan panjang kata yang kita gunakan, banner brand yang harus kita tempelkan di blog, backlink juga keyword. Perhatikan baik-baik keyword yang sering ditampilkan brand penyelenggara lomba di akun sosial media mereka. Oleh sebab itu kita harus follow akun sosmed mereka untuk mendapatkan informasi itu.
  • Riset, lakukan riset sederhana supaya kita dapatkan informasi yang faktual. Googling itu termasuk riset juga lho, jadi gak harus wawancara narasumber. Riset yang kita lakukan agar konten yang kita buat itu kita kuasai permasalahannya. Konten bisa berupa tulisan, foto-foto, infografis dan video. Cari konten yang paling kita kuasai. Referensi dari buku, jurnal, link web resmi dan institusi juga bisa kita lakukan untuk mendukung riset tersebut. Untuk referensi wikipedia, mbak Haya tidak merekomendasikan karena wikipedia bisa diedit infonya oleh siapa saja. Jadi dikuatirkan infonya kurang valid.
  • Blogwalking, mbak Haya menyarankan blogwalking ke sesama peserta lomba dimaksudkan bukan untuk mencuri ide, tapi untuk melihat apa yang sudah disentuh oleh si pemilik blog. Jadi kita bisa mengira-ngira oohh ternyata dia mengupas dari segi kualitasnya, misalkan, maka kita dapat menyentuh sisi lainnya.
  • Softselling. Walaupun sedang mengikuti lomba, sebaiknya gunakan kalimat pembuka yang menarik. Pembaca membutuhkan informasi dari konten yang menarik, yang membantu pembaca memecahkan masalah atau mencari solusi yang persuasif, natural dan personal. Jangan terlalu fokus pada menjual yang berlebihan. Lebih bagus lagi kalau kita bercerita berdasarkan pengalaman pribadi, atau bisa juga pengalaman orang lain sebagai user experience. Hindari penyebutan nama brand yang berulang-ulang hampir di tiap paragraf. Jangan lupa juga tidak boleh menyebutkan nama kompetitor apalagi sampai membandingkan. Jatuhnya jadi seperti black campaign.
  • Rumus 5W+1H berlaku juga kok dalam blogging. Rumus tersebut membantu kita menyusun step by stepnya.
  • Editing, penting lho editing ini. Terkadang karena diburu deadline kita tidak begitu memperhatikan proses editing. Perhatikan tanda baca, karena salah tanda baca bisa berarti lain. Gunakan kalimat pendek, maksimal 14 kata 2 baris dan gunakan kalimat aktif. Selain itu juga hindari penggunaan jargon-jargon, singkatan yang tidak berhubungan dan juga typo.
  • Deadline. Perhatikan deadline, jangan sekali-kali melakukan posting artikel yang masih mentah hanya karena supaya linknya keluar sesuai deadline. Mbak Haya menegaskan sekali karena itu termasuk curang, dimana artikel yang masih mentah sudah dipublish, lalu baru diedit sedemikian rupa hingga akhirnya menjadi artikel yang mulus.
  • Share ke sosial media dan jangan lupa mention si penyelenggara. Jangan lupa tetaplah berinteraksi walau artikel sudah dipublish. Ajak pembaca untuk berinteraksi dengan menjawab komen-komen mereka.

    Last but not least, dari paparan tips yang mbak Haya sampaikan, kita harus banyak membaca. Baca baca dan baca, karena dengan membaca tulisan kita menjadi berwarna. Menang atau kalah adalah suatu keputusan, tapi jangan jadikan kemenangan sebagai patokan, tapi keinginan dan proses yang kita jalani itulah yang terpenting. Yang mau intip blognya mbak Haya, yuuk cekidot di http://www.hayaaliyazaki.com dan http://www.ceritamelalak.com

    Winning isnt everything, but wanting to win is.    – Vince Lombardi

    Penulis dan mbak Haya Aliya Zaki, Terima kasih ilmunya mbak.

    HQ’17

    Advertisements

    40 thoughts on “Tips Haya Aliya Zaki Menang Lomba Blog”

      1. Iya ya mpok.Ga adil rasanya kalo yang copas2 itu malah menang. Pelajaran tuk kita ya mpo kalo ada yang copas di suatu lomba harus langsung dilaporin berikut sertakan bukti2 copasnya. Makasih ya mpo udah mampir.

        Like

      1. Hai mbk anne…saya juga belom pernah ikut lomba. Tapi dari tips mbak Haya ini jadi buat saya tau bahwa lomba itu juga soal passion,kalo ga pas dengan passion kita kayaknya malah ga enak ya. Makasih udah mampir ya mbak dan tetap semangat..

        Like

    1. Saya sering merasa ga percaya diri untuk ikut lomba blog, selain tidak menguasai materi, saya juga ga pede kalau ikutan. Sudah pasti kalah, soalnya lawan di lomba blogger hits. Alhamdulillah trik dan tips nya sangat berguna.

      Liked by 1 person

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s