Kesehatan, Uncategorized

Ngidam, Nikmati Serunya Yuuk

Ngidam untuk sebagian ibu hamil mungkin dirasa aneh atau ada yang malah biasa aja. Gak berbeda dengan pengalaman saya sewaktu hamil dulu. Oiya, saya sudah mengalami 3 kali kehamilan dan Alhamdulillah ketiga anak saya lahir dengan sehat dan selamat. 

Dari ketiga kehamilan saya itu, saya alami ngidam yang berbeda. Menurut Dr.Med.dr.Damar PrasmusintoSpOG (K) ngidam itu hal yang wajar kok untuk ibu hamil, karena dipicu oleh meningkatnya Peptida Opiod Endogen (POE). Tapi sebaiknya harus dicermati asupan nutrisi yang masuk agar janin tidak kekurangan gizi dan terbentuk dengan baik, jadi jangan asal menuruti keinginan ngidam. 

Dr.Med.dr.Damar Prasmusinto, Sp.OG(K)

Kebiasaan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan nutrisi Bunda dan si Kecil dapat menimbulkan resiko negatif pada saat melahirkan, seperti kelahiran prematur atau berat badan kurang. Hal itu pernah lho saya alami sewaktu hamil anak kedua. Selama trimester pertama sampai trimester ketiga saya mengalami mual muntah yang tidak berkesudahan. Duuh rasanya apa yang saya makan itu gak enak dan kalaupun masuk, gak lama pasti keluar lagi.

Hal itu sempat membuat saya khawatir, apakah janin saya ini akan terpenuhi nutrisinya. Apalagi di trimester terakhir saya sempat mengalami pendarahan dan diharuskan bedrest selama seminggu di rumah sakit. Duuh semakin gak karuan deh rasanya, ditambah lagi dokter yang menangani saya mengatakan bahwa janin saya belum cukup berat badannya untuk lahir. Jadi selama 2 bulan sebelum lahir, saya diharuskan mendapat asupan nutrisi yang cukup dan seimbang untuk mendongkrak berat badan janin. 
Alhamdulillah di usia 9 bulan kehamilan dokter mengatakan bahwa saya dan janin mengalami kemajuan yang memuaskan dan janin siap untuk dilahirkan. Ternyata pengaruh sekali ya ngidam dan perubahan emosi ibu hamil ke janin yang di kandung.

Christina Natalia, Marketing Manager Nutricia Sarihusada

Sehubungan dengan ngidam tersebut, Nutricia Sarihusada akan menyelenggarakan “Festival Ngidam SGM Bunda” pada tanggal 2-3 September 2017 di Sumarecon Mall Bekasi. Seperti yang dijelaskan ibu Christina Natalia selaku Marketing Manager Nutricia Sarihusada pada acara media gathering Festival Ngidam SGM Bunda di resto Kembang Goela, 24 Agustus 2017 lalu, bahwa pemenuhan nutrisi selama masa kehamilan sangat penting agar tumbuh kembang si kecil di kandungan menjadi optimal. 

Selain menerapkan pola makan seimbang, Festival Ngidam SGM Bunda menghadirkan rangkaian aktifitas edukasi nutrisi yang lengkap dan menyenangkan. Karena pada dasarnya ibu hamil itu tidak hanya mengalami kendala dikarenakan ngidamnya itu tapi juga mengalami perubahan emosi dan psikologis.

Rasa cemas dan khawatir seperti yang saya alami itu ternyata dipicu juga oleh baik faktor internal maupun eksternal. Faktor internal berupa rasa keinginan akan sesuatu yang bisa saja bunda dapatkan, misalkan ingin makanan yang asam-asam seperti rujak. Dan ngidamnya ibu hamil itu beda-beda lho. Bahkan justru ada yang mengalami ngidam itu sang ayah, karena adanya hubungan psikologis.

Tara de Thouars, BA, M.Psi

Momen ngidam ini sebaiknya dimanfaatkan bunda untuk mengontrol emosi, dengan mengatakan apa yang dirasakan kepada pasangan. Sang ayahpun sebaiknya memberikan perhatian dan siap memberikan dukungan agar bunda menjalani kehamilan dengan rileks dan menyenangkan. Rasa nyaman bunda juga dirasakan oleh si kecil di kandungan lho, sehingga pertumbuhan sikecil bisa optimal, demikian penjelasan Tara de Thouars, BA, M.Psi seorang pakar psikolog keluarga.

Dalam rangkaian kegiatan Festival Ngidam SGM Bunda nanti, bunda diajak untuk mengikuti aneka acara seperti konsultasi seputar kehamilan dan nutrisi, talkshow perencanaan keuangan, juga kelas senam hamil, edukasi laktasi bahkan ada demo masak juga bersama Master Chef Indonesia, lengkap deh.

Rangkaian kegiatannya antara lain ada Ngidam Jajan yang menghadirkan sajian kuliner lezat dan bergizi. Juga ada Ngidam Dimanja dengan fasilitas perawatan kecantikan, relaksasi hingga terapi. Yang ditunggu-tunggu di setiap acara nih yaitu Ngidam Eksis seperti photo booth dan fashion show ibu hamil, seru ya. Tapi gak cuma itu lho, masih ada lagi yaitu Ngidam Ketemu Artis. Nah di tanggal 2-3 September nanti siapa ya kira-kira artisnya yang ada di Festival Ngidam SGM Bunda nanti? Daripada penasaran yuuk kita kunjungi sama-sama dan ikuti rangkaian acaranya.

HQ’17

Advertisements

6 thoughts on “Ngidam, Nikmati Serunya Yuuk”

    1. Hai mbak alida…sayapun juga bukan tipe orang yg ngidam aneh2 waktu hamil..tapi ngerasain mualnya itu lho pas anak kedua yg full 9bulan sampe lahiran…tapi gpplah jadi tuk pengalaman. Makasih ya udah mampir.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s