Film, Uncategorized

Bunda: Kisah Cinta 2 Kodi, Perjuangan Perempuan Dalam Dilema Keluarga

Perfilman Indonesia sekarang ini makin terlihat geliatnya. Begitu banyak produk-produk film kita yang bertengger di layar bioskop. Sebagai penggemar film lokal, saya merasa semakin dimanjakan dengan adanya berbagai genre film yang ada. Ada banyak film yang dikemas dalam nuansa keluarga, dengan segala permasalahan yang lekat dengan keidupan sehari-hari. Namun di film ini kuat sekali akan rasa perjuangan sang tokoh yang juga sebagai perempuan muslimah. Sebagai penonton saya merasa ikut tercolek atau bisa dikatakan juga tertampar dengan film ini.

Film Bunda, Kisah Cinta 2 Kodi di produksi oleh Inspira Pictures, sebuah rumah produksi yang digawangi oleh Rendy Saputra, seorang pengusaha muda yang juga sukses dengan beberapa bisnisnya. Tidak hanya itu saja, film ini juga disutradarai oleh sutradara muda berbakat yaitu Ali Eunoia dan Bobby Prasetyo. Kisah inspiratif dalam film ini berdasarkan kisah nyata seorang Tika Kartika, pengusaha sukses muslimah yang patut dijadikan teladan karena semangat, ketekunan, cara kerja serta ketegasannya. 

Perjuangan beliau mewujudkan impiannya di dunia bisnis yang juga diselingi problematika rumah tangga, mampu membuat penonton merasa takjub dan tertegun. Apa yang dialami seorang Tika Kartika, saya yakin juga banyak dialami oleh perempuan-perempuan muslim di Indonesia. Di film ini, saya seperti disadarkan bahwa mewujudkan mimpi boleh-boleh saja, sepanjang tidak memaksakan impian kita kepada keluarga atau bahkan kepada anak-anak kita. Beri mereka keleluasaan dalam memilih pilihannya dan kita sebagai orang tua sudah sepatutnya mendampingi dan mensupport tanpa terlalu menekan secara berlebihan.

20180125_1720461766576212.jpg
Founder Warunk UpNormal, Ali Eunoia, Bobby Prasetyo, Rendy Saputra (Dok:penulis)

Menurut Rendy Saputra sang produser, alasan beliau memilih seorang Tika Kartika untuk diangkat kisahnya ke layar lebar bukan tanpa alasan. Beliau yang juga sebagai anak angkat dari Bunda Tika sangat tahu dan mengenal persis karakter ibu angkatnya ini. Sosok tangguh perempuan muslimah yang pantang menyerah dan keukeuh akan pendiriannya. Dimulai dari 2 kodi busana muslim anak-anak, Tika berhasil membawa bisnis Keke Collection-nya hingga sebesar sekarang.

Pemilihan sutradara muda, Ali Eunoia dan Bobby Prasetyo juga dengan alasan bahwa mereka akan memberikan warna baru bagi perfilman nasional. Ali Eunoia yang sempat membuat versi dokumenter dari kisah Bunda ini merasa tertantang, karena dengan backgroundnya yang seorang documentarian, Ali ingin menggarap film ini berdasarkan pengalamannya dengan pengalaman Bobby sebagai filmmaker indie tentu akan menjadi pengalaman dan pembelajaran yang sangat berharga.

Berdasarkan film dokumenter sebelumnya dan novel Cinta 2 Kodi yang ditulis oleh Asma Nadia inilah film Bunda, Kisah Cinta 2 Kodi ini dibuat. Dengan menggaet pemain-pemain muda berbakat seperti Acha Septriasa yang memerankan karakter Bunda Tika, Ario Bayu yang sudah tidak diragukan lagi aktingnya yang berperan sebagai Ayah . Juga ada Wulan Guritno, Sheila Dara, Arina Mindhisa, Shaquilla Nugraha, Mumu Gomez, Tri Yudiman, Inggrid Wijanarko, Budi Dalton, dan yang lainnya. Ada kisah unik dibalik pemilihan peran Bunda Tika ini yaitu ketika Rendy memutuskan untuk memakai Acha Septriasa sebagai Tika, pada saat itu Acha masih studi di Sydney, hingga akhirnya shooting tertunda. Namun ternyata peran Tika ini memang peran takdir, karena pada akhirnya memang karakter Acha sangat pas dalam memerankan tokoh Tika tersebut.

 

Film Bunda, Kisah Cinta 2 Kodi
Produksi : Inspira Pictures

Pemeran: Acha Septriasa, Ario Bayu, Wulan Guritno, Inggrid Wijanarko, Sheila Dara, Arina Mindhisa, Shaquilla Nugraha, Mumu Gomez, Tri Yudiman, Inggrid Wijanarko, Budi Dalton

Produser : Rendy Saputra

Sutradara : Ali Eunoia dan Bobby Prasetyo

Supervisi Produksi : Avesina Soebli

Director of Photography : Yadi Sugandi

Penyanyi soundtrack : Hanin Dhiya

Sinopsis:

Film yang berkisah tentang perjuangan seorang perempuan bernama Tika yang berjuang keras menyelamatkan kehidupan keluarga dan rumah tangganya demi sebuah harapan, impian dan cintanya kepada suami dan anak-anaknya. Keberanian untuk memulai sebuah bisnis baju muslim anak adalah sesuatu hal yang belum ia pahami sama sekali. Yang dia tahu bahwa dia bisa menjalankannya dan berani menerima kenyataan pahit akan problema rumah tangganya. Suami yang selama ini menjadi teladan dan tulang punggung keluarga memutuskan untuk menjadi ayah rumah tangga dan mengikuti permintaan terakhir sang ibu untuk menikah lagi dengan wanita pilihan ibunya.

Perjuangannya tidak hanya untuk mempertahankan kelangsungan hidup keluarga, tapi juga mengembalikan cinta keluarga kepadanya. Disaat dia harus berjuang melahirkan dan membesarkan anak-anaknya dia tetap tegar. Dan disaat dia harus bisa menerima kembali suami dan ayah dari anak-anaknya, dia juga harus menyingkirkan egonya demi anak-anak. Perjuangan panjang seorang perempuan yang tidak hanya ingin impian dan cita-citanya tercapai tapi juga cinta keluarganya dapat kembali diraihnya.

Nah biar gak penasaran bagaimana akhir kisah film ini, sebaiknya nonton aja yuk. Film Bunda, Kisah Cinta 2 Kodi akan serentak tayang tanggal 8 Februari di bioskop-bioskop kesayangan kalian semua. Yuk kita apresiasi film nasional dengan menonton beramai-ramai ya.

img-20180125-wa00141766576212.jpg

HQ’18

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s