Seni Budaya, Uncategorized

Kao Indonesia Mengajak Anak-anak Mengekspresikan Harapan untuk Dunia yang Lebih Baik melalui Lukisan

Melukis merupakan salah satu media untuk menunjukkan ekspresi diri. Bahkan bisa menjadi salah satu cara untuk melihat dunia dan harapan kita terhadap masa depan. Begitu juga dengan anak-anak, kepolosan mereka dalam memandang dunia dan harapan-harapan mereka terlihat nyata dalam karya lukisannya. Adalah Kao Indonesia melalui program Anak KAO mengadakan Lomba Melukis Lingkungan Kao untuk Anak-anak yang ke 8. Kao Indonesia mengajak anak-anak Indonesia untuk melukis tentang harapan dunia yang lebih baik.

Melalui lomba ini, anak-anak diajak untuk aktif dan menjadi agen perubahan yang mampu mendorong teman-teman, keluarga, serta orang terdekat di sekitar mereka melalui ide-ide dalam menciptakan lingkungan besih, sehat dan ramah, seperti komitmen Kao. Mengusung tema Eco Together, lomba melukis ini menjadi salah satu bukti nyata bahwa masih banyak anak-anak Indonesia yang antusias dengan lomba ini dan peduli akan kelangsungan hidup lingkungan di sekitarnya.

Antusiasme anak-anak Indonesia sebagai peserta lomba melukis ini patut diacungi jempol. Di ajang lomba internasional ini Indonesia mengirim peserta terbanyak yaitu sebesar 3.703 karya lukis. Bahkan untuk juaranya Indonesia merebut dua gelar juara yaitu penghargaan Eco Friend Prize. Kedua anak Indonesia tersebut adalah :

  1. Viola Arielle Suliandy (13 tahun), dengan karyanya yang berjudul “Alam Menyelamatkan Dirinya Sendiri Melalui Tangan Kita”
  2. I Wayan Amerta Nur Pradnyana (15 tahun), dengan karyanya yang berjudul “Reuse”.
photogrid_1519885949581-1002536342.jpg
“Alam Menyelamatkan Dirinya Sendiri Melalui Tangan Kita” 1st Winner Eco Friend Prize, Viola Arielle Suliandy
photogrid_1519886127548-880422460.jpg
“Reuse” 2nd Winner Eco Friend Prize, I Wayan Amerta Nur Pradnyana

Untuk kategori grup, Indonesia juga menyabet 3 penghargaan dari 5 total pemenang Group Prize, yaitu:

  1. MTs Negeri 1 Pasuruan, Jawa Timur dengan 907 karya
  2. SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta dengan 434 karya
  3. SMPN 2 Bangi Pasuruan, Jawa Timur dengan 425 karya

Seperti yang dikatakan oleh bapak Pratomo P Aritedjo, selaku Associate Vice President Human Capital Development PT Kao Indonesia, bahwa ditengah derasnya perkembangan dan gempuran teknologi, lukisan tetap menjadi media yang relevan dalam menghadirkan pesan-pesan. Lukisan sekarang dapat kita nikmati tidak melulu melalui museum, bahkan bisa dengan mengajak anak-anak untuk ikut mengekspresikan dirinya melalui lukisan terhadap lingkungannya.

Lomba melukis yang telah diadakan sejak 2010 ini berhasil membawa para pemenang dari seluruh dunia untuk menerima penghargaan di Tokyo, Jepang, termasuk pemenang Eco Friend Prize dari Indonesia. Lukisan-lukisan para pemenang juga dipamerkan di booth Kao pada acara pameran Eco-Pro yang diselenggarakan di Tokyo Big Sight pada tanggal 7-9 Desember 2017. Pengumuman pemenangnya sendiri telah diinfokan pada tanggal 30 November 2017 lalu.

20180224_1719451862177321.jpg
Sulistyaning palupijati, Head of Partnership YCAB (Dok:penulis)

Selain menginformasikan tentang kemenangan anak-anak Indonesia ini, acara yang bertempat di Hotel Pullman, Central Park, Jakarta Barat ini juga sekaligus sebagai pengumuman akan kelanjutan kerjasama Anak KAO dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB). Program Anak KAO yaitu program yang bertujuan untuk mendidik anak menjadi semakin Kreatif dalam menemukan cara menjaga kebersihan lingkungan. Aktif berperan dalam perilaku sehari-hari yang ramah terhadap kebersihan lingkungan, hingga mereka pun Optimis menatap masa depan dengan lingkungan yang jauh lebih baik.

Sebanyak 5.000 siswa SD di 40 sekolah di wilayah Cikarang, Karawang dan Jakarta mendapatkan manfaat dari program Anak KAO ini. Mereka mendapatkan pengetahuan yang lebih komprehensif mengenai cara menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Kesuksesan Anak KAO tentunya tidak terlepas dari kerja tim Kao Indonesia yang turut membanggakan, dan menjadikan tantangan baru untuk terus menyebarkan informasi mengenai menjaga kebersihan lingkungan.

Bersama YCAB telah berjalan 2 tahun kerjasama Anak KAO ini yang merupakan kepedulian sebagai partner untuk mewujudkan generasi muda yang peduli akan kebersihan, kesehatan dan turut menjaga lingkungan. Menginjak tahun ke 3 ini semoga kerjasama tetap terus berjalan dan semakin gencar menjalankan program-programnya.

20180224_1810061862177321.jpg
Ms Noriko Inoue, Sustainable Department Kao Corporation Japan (Dok:penulis)

Dalam acara ini juga turut hadir Ms. Noriko Inoue selaku Sustainable Department Kao Corporation Japan yang didampingi oleh ibu Sulistyaning Palupijati selaku Head of Partnership YCAB. Hadir juga Komikus sekaligus pencipta KOSTUM (Komik Strip untuk Umum) Kak Haryadhi yang mendongeng sambil melukis untuk anak-anak dan juga tamu-tamu yang hadir.

Menurut Kak Hary, ketika anak-anak melukis sebenarnya mereka diajak untuk berhubungan dengan apa yang dilihat dan dirasakan. Dengan melukis, anak-anak justru menciptakan dunia yang lebih baik, yang hijau dan bersih yang akan mereka tularkan ke seluruh dunia. Ajakan untuk menjaga kebersihan inilah yang tertuang dalam lukisan-lukisan mereka sesuai dengan ekspresi dan harapan mereka.

Bersama Kao sebagai perusahaan yang menciptakan produk-produk dengan nilai tambah yang tinggi, yang memperkaya kehidupan konsumen. Produk-produk Kao terkemuka antara lain Attack, Magiclean, Biore, Laurier, Merries, Kanebo, dll tentunya tidak asing lagi tuk konsumen Indonesia. Kao Indonesia berupaya untuk berinovasi dan menciptakan produk-produk dengan kualitas terbaik, yang disebut semangat Yoki-Monozukuri yaitu “memperkaya kehidupan, harmonis dengan alam”.

Sebagian contoh produk2 Kao yang ada di pasaran Indonesia (Dok:penulis)

HQ’18

Advertisements

12 thoughts on “Kao Indonesia Mengajak Anak-anak Mengekspresikan Harapan untuk Dunia yang Lebih Baik melalui Lukisan”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s