Film

Hongkong Kasarung, Keluguan yang Memancing Pemasukan

Sule, siapa yang ga kenal dengan public figure satu ini. Berawal dari ngebodor hingga menjadi host suatu acara di stasiun tv. Bahkan sekarang Sule merambah dunia perfilman Indonesia. Melihat gaya dan aksinya buat saya sudah cukup memancing tawa. Gak berlebihan bila sayapun mengharapkan aksi yang sama dari Sule di filmnya yang baru saja selesai produksi ini.

Senin (12/03) lalu, saya dan rekan-rekan blogger serta media berkesempatan hadir di pre screening dan press conference film terbaru Sule, yaitu Hongkong Kasarung di XXI, Plaza Senayan Jakarta. Film berdurasi kurang lebih 90 menit ini mengambil setting lokasi di Hongkong dan Indonesia.

Film Hongkong Kasarung ini diproduksi oleh Artomoro Pictures, yang disutradarai oleh Eric Satyo yang juga menulis skenarionya. Bergenre drama komedi, film Hongkong Kasarung bercerita tentang impian dan keinginan seorang pemuda desa yang ingin membuktikan kepada kekasihnya yang pindah ke lain hati bahwa dia bisa berhasil bekerja di negeri orang.

Adalah Sule yang diperankan oleh Sule sendiri yang memiliki kekasih Iis (diperankan oleh Selvi Kitty). Namun sayang, sejak kedatangan Cecep (diperankan oleh Uus), TKI yang baru pulang dari Malaysia mulai goyah hatinya. Iispun berpindah hati. Didukung dan diprovokatori oleh pamannya, Mang Saswi (diperankan oleh Sas Widjanarko) agar Sule mau ikut dia bekerja sebagai TKI.

Keluguan dan kepolosan Sule, tidak hanya dimanfaatkan oleh pamannya, bahkan juga membawa Sule pada satu masalah di Hongkong. Sule bagi Mang Saswi adalah pemasukan, yang dapat memberikan pundi-pundi rupiah tanpa memikirkan keselamatan keponakannya.

Tersesat di Hongkong karena ditinggal oleh pamannya, Sule malah berhadapan dengan masalah baru. Pertemuan Sule dengan Aline (diperankan oleh Pamela Bowie) mendatangkan kejadian-kejadian yang tidak terduga. Maksud hati ingin menolong, apadaya Sule malah terlibat dalam permasalahan antara Bos K dengan Pak Rengga, ayah Aline yang menyewa pembunuh bayaran The Bag. Adegan-adegan serupun dimulai saat Sule tetap keukeuh untuk menolong Aline walaupun temannya (yang tidak sengaja bertemu), Makmur selalu berusaha meyakinkan Sule akan bahaya yang menghadangnya. Namun Sule tetaplah Sule yang dengan keyakinannya bahwa menolong itu adalah salah satu ibadah.

Kekonyolan demi kekonyolan antara Sule dan Makmur terus berlangsung, apalagi dialog Makmur yang sangat dramatis ketika mengucapkan kata Hongkong yang membuat saya dan penonton serentak tertawa. Tapi justru disitulah yang membuat fil Hongkong Kasarung ini menjadi menarik, Adegan-adegan dan kekonyolan-konyolan yang diperankan Sule tidak membuat seperti adegan slapstik atau dibuat-buat.

Akankah Sule berhasil mengatasi permasalahan yang membawanya pada petualangan yang bahkan nyaris membahayakan jiwanya? Keluguan dan kepolosan hati untuk menolong sesama keukeuh dipertahankan Sule walau membahayakan jiwanya.

Secara keseluruhan, film Hongkong Kasarung ini sanggup membuat saya tertawa dari awal sampai akhir. Walau diselingi adegan perkelahian, tapi tidak membuat film ini menjadi film laga. Keterlibatan para pemain pendukung seperti rapper Iwa K, Yati Surahman, Ery Makmur, Parto Patrio,dll semakin menghidupkan peran Sule.

Film Hongkong Kasarung sukses membuat saya dan penonton pre screening tertawa keras. Kalo teman-teman penasaran, yuuk tonton filmnya di bioskop terdekat.

Hongkong Kasarung

Produksi: Artomoro Pictures

Executive Producer: Ir. H. Ruyoto, Heru Iswanto

Producer: Eric Satyo, Heru Iswanto

Co Producer: Sule,Parto

Sutradara dan Skenario: Eric Satyo

Pemain: Sule, Pamela Bowie, Sas Widjanarko, Selvi Kitty, Ery Makmur, Rizki Febian, Yatie Surahman, Parto Patrio, George Rudi, Uus, Dicky Chandra, Agus Kuncoro, Idan Suparo, Daus Suparo, Iwa K, Volland Volt.

 

HQ’18

Advertisements

12 thoughts on “Hongkong Kasarung, Keluguan yang Memancing Pemasukan”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s