Uncategorized, Kesehatan

Perayaan Hari Kesehatan Nasional ke 53 di CFD Jakarta

Menjadi sehat tentu dambaan kita semua. Namun tidak semua orang yang dapat menjaga kesehatan mereka. Pola hidup dan pola makan menjadi pemicu kesehatan menjadi semakin tidak terkontrol. Belum lagi kurangnya aktifitas fisik alias berolahraga, padahal pola makan yang tidak benar ditambah kurangnya beraktifitas atau berolahraga menjadi pemicu penyakit tidak menular lho teman.

Nah..pada hari Minggu (12/11)lalu, dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional Indonesia yang ke 53, Kementrian Kesehatan bersama jajarannya dan lapisan masyarakat mengadakan acara “Yuk GERMAS Bareng, Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”. Acara yang dimulai pukul 6.00 pagi di area Car Free Day Jalan Thamrin, dan sekitarnya  ini diawali dengan senam sehat bersama.

Segenap elemen masyarakat hadir di acara menyambut Hari Kesehatan Nasional dan terlihat antusias sekali. Acara ini juga dihadiri oleh Bapak Wakil Presiden Jussuf Kalla beserta ibu, Mentri Kesehatan ibu Nila F Moeloek, serta pejabat-pejabat terkait lainnya. Setelah acara diawali dengan senam bersama, bapak Jussuf Kalla dalam pidato pembukaannya mengatakan bahwa menjaga kesehatan itu lebih mudah daripada saat kita sakit. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah, dengan asupan gizi seimbang dan jangan lupa juga melakukan aktifitas fisik rutin hingga terhindar dari penyakit tidak menular karena kemalasan kita berolahraga.

Acara yang dimulai sejak pagi ini diikuti serangkaian acara mulai dari Karnaval Jalan Sehat GERMAS pukul 6.00, Senam Bersama pukul 6.30, lanjut pembukaan dan video conference dengan walikota dan gubernur 6 kota yaitu Denpasar, Surabaya, Palu, Riau, Bengkulu dan Samarinda oleh Bapak Jussuf Kalla dan Ibu  Nila F.Moeloek.

Di area CFD Jalan Thamrin itu juga diadakan bazaar ikan, buah dan sayuran yang diadakan oleh Kemenkes, juga ada stand Deteksi Dini berupa cek gula darah, kolesterol dan asam urat. Terlihat masyarakat antusias sekali mendatangi stand bazaar dan pemeriksaan deteksi dini tersebut.

Selain karnaval jalan sehat juga diikuti oleh sekelompok pengendara sepeda sehat yang memulai rute mereka dari kantor Kementrian Kesehatan di Kuningan, Jakarta Selatan. Semakin meriah karena karnaval jalan sehat dan sepeda sehat itu juga diapresiasi oleh panitia dengan pemberian hadiah. Selain itu juga diadakan lomba foto “On The Spot” selama acara berlangsung dengan hadiah-hadiah menarik.

Acara perayaan Hari Kesehatan Nasional ini juga dimeriahkan oleh artis ibukota hingga masyarakatpun ikut terhibur. Semoga dengan diadakannya acara Yuk GERMAS ini masyarakat dapat lebih menyadari pentingnya menjaga pola makan dengan asupan gizi seimbang dan perbanyak konsumsi buah dan sayuran juga aktif berolahraga. Karena didalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat.

img-20171111-wa0020-224454241.jpg

HQ’17

Advertisements
Kesehatan, Uncategorized

Dengan Pola Makan Sehat dan Bergerak, Yuk Lawan Obesitas

Obesitas atau kegemukan menjadi salah satu penyakit tidak menular selain diabetes, jantung koroner dan stroke. Di Indonesia bahkan lebih dari 13,5% orang dewasa usia 18 tahun keatas kelebihna berat badan, sementara itu 28,7% mengalami obesitas. Bahkan pada anak usia 5-12 tahun sebanyak 18,8% kelebihan berat badan dan 10,8% mengalami obesitas (berdasarkan sumber Kemenkes).

Jadi apabila kita melihat seorang anak yang terlihat gemuk janganlah senang dulu, bisa jadi si anak tersebut mengalami obesitas atau kegemukan, karena obesitas juga bisa dialami oleh anak-anak lho. Obesitas itu apa sih sebenarnya? Obesitas merupakan penumpukan lemak yang berlebihan akibat ketidak seimbangan asupan energi (energy intake) dengan energi yang digunakan (energy expenditure) dalam waktu lama (WHO,2000).

Apalagi masyarakat sekarang cenderung dimanjakan oleh kemudahan teknologi, hingga untuk menggerakkan badan saja rasanya berat banget. Ya ngga, teman? Belum lagi dengan pola makan yang serba praktis, cepat hingga tidak mempedulikan keseimbangan gizi dan nutrisi yang masuk dalam tubuh. Oleh sebab itu tidak heran apabila obesitas atau kelebihan berat tubuh menjadi kian bertambah sekarang ini.

img_20171116_113140-225982232.jpg
drg.Dyah Erti Mustikawati,MPH, Dr.(c)Rita Ramayulis,DCN,M.Kes, dr.Lily S.Sulistyowati,MM dan Dr.Michael Triangto, Sp.KO (Dok:twitter kemenkes)

Pada Selasa (7/11) lalu, bertempat di hotel Harris Kelapa Gading, Jakarta Utara saya menerima undangan Seminar Hari Obesitas Se-Dunia dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Seminar yang dihadiri oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) ibu dr.Lily S.Sulistyowati, MM, dr.Ida Gunawan, MS.Sp.GK (K), Dr.Michael Triangto, SpKO, juga drg.Dyah Erti Mustikawati,MPH serta Dr.(c)Rita Ramayulis,DCN,M.Kes selaku Pengurus DPP Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI).

Obesitas atau kegemukan itu dapat dipicu oleh berbagai faktor, diantaranya yaitu:

  • Faktor Genetik, jadi apabila kita melihat seorang anak obesitas, kita lihat ada kemungkinan ibu atau bapaknya juga obesitas, karena peluangnya sebesar 40-50% untuk yang salah satu dari orang tuanya obesitas. Namun akan menjadi 70-80% apabila kedua orangtuanya menderita obesitas.
  • Faktor Lingkungan, yang terkait pada pola makan dan pola aktifitas fisik. Banyaknya masyarakat kita yang tidak memperhatikan keseimbangan asupan energi (tinggi karbohidrat, lemak dan gula, namun rendah serat. Belum lagi kurangnya aktifitas fisik. Lakukanlah minimal seminggu sekali selama 60 menit agar lemak yang ada di dalam tubuh terbakar menjadi sumber energi.
  • Faktor Obat-obatan dan Hormonal, penggunaan obat-obatan jenis steroid dapat mengakibatkan nafsu makan meningkat, juga peningkatan hormon dapat meningkatkan nafsu makan.

Seperti yang DR.Michael Triangto katakan, bahwa aktifitas rutin setiap hari yang kita lakukan dapat mencegah obesitas. Gak usah lama-lama atau olahraga yang berat, cukup aktifitas ringan yang dilakukan setiap hari dan rutin itu cukup kok. Misalkan saja apabila kita bekerja di kantor dimana ruangan kita berada di lantai 2, kita dapat menggunakan tangga untuk menuju ruangan kita. Atau apabila menggunakan kendaraan menuju tempat kerja, parkirlah agak jauh dan kita berjalan kaki menuju kantor kita. Selain itu juga biasakanlah melakukan peregangan di tempat kerja, seperti yang diperagakan bersama-sama pada seminar hari itu.

20171107_0802392131066477.jpg

Karena apabila aktifitas fisik tidak kita lakukan juga pola makan yang tidak seimbang, tidak diragukan lagi obesitas akan betah berlama-lama di tubuh kita. Dan dampaknya itu sungguh sangat macam-macam lho teman, yaitu:

  • Dampak Metabolik, ditandai dengan lingkar perut. Dimana lingkar perut pria dan wanita itu berbeda yaitu >90cm untuk pria dan >80cm untuk wanita, yang akan berdampak pada peningkatan trigliserida dan penurunan kolesterol HDL serta meningkatkan tekanan darah.
  • Dampak Penyakit Lain, berbagai penyakit mengiringi penderita obesitas yaitu asma, osteoartritis lutut dan pinggul, pembentukan batu empedu, sleep anoea (henti nafas saat tidur), low back pain (nyeri pinggang), kanker, stroke, gangguan menstruasi pada wanita juga perlemakan hati (sirosis) dan jantung, diabetes, hipertensi.

 

20171107_0849132131066477.jpg
Komplikasi akibat Obesitas (Dok:penulis)

Kalau sudah terkena komplikasi begitu banyak penyakit jadinya mengerikan juga ya teman. Memang sih mungkin terlihat sepele ya, aahh cuma gemuk sedikit ini. Tapi kalo kita tidak berusaha untuk merubah pola makan dan pola hidup kita ya tentu saja resiko penyakit-penyakit lainnya pun akan timbul juga.

Sebenarnya mudah saja kok, untuk kita mencegah obesitas atau kegemukan ini, yaitu dengan menggunakan prinsip mengatur keseimbangan energi. Jadi energi yang masuk ke dalam tubuh kita usahakan sebisa mungkin juga kita keluarkan kembali melalui aktifitas fisik. Lakukan pola pengelolaan sebagai berikut:

  1. Pola makan, atur porsi makan kita. Seimbangkan antara karbohidrat, protein dan serat, jangan dobel-dobel karbohidrat namun malah jadi minim protein dan serat. Perhatikan piring makanmu, dengan model T yaitu jumlah sayur dan buah harus dua kali lipat dari sumber karbohidrat dan protein. Sedang protein setara beratnya dengan karbohidrat.
  2. Pola aktifitas fisik, lakukan aktifitas fisik sederhana secara terus-menerus dan konsisten, karena bergerak itu maka energi yang masuk dapat terurai dengan kita bergerak dan tidak mengendap menjadi timbunan lemak dan penyakit.
  3. Pola emosi makan, atur emosi kita dengarkan apakah memang benar perut kita yang meminta makan (lapar) bukan mata kita. Karena sering kali kita baru saja menghabiskan sepiring mie ayam, misalkan tapi begitu mendengar atau melihat ada tukang somay, maka kitapun ingin juga padahal perut tidak mengirimkan kode lapar. Inilah yang disebut Dr.Rita sebagai lapar mata, sebaiknya lewati saja. Juga seringnya kita makan bukan karena lapar tapi karena mood, sedang sedih atau kesal maka yang dicari adalah makanan. Walau memang tidak semua orang seperti itu.
  4. Pola tidur/istirahat, lakukan istirahat yang cukup dan berkualitas agar hormon leptin yang mengkontrol rasa lapar tidak terganggu. Karena biasanya kalo kita kurang tidur cenderung suka makan berlebih dan memilih makanan yang tidak sehat yang akhirnya memicu obesitas.

Obesitas atau kegemukan selain mengganggu penampilan, juga mengganggu kesehatan dan membuat si penderita jadi tidak bebas bergerak. Oleh sebab itu untuk mencegah obesitas konsumsi makanan seimbang, perbanyak serat (sayuran dan buah-buahan yang kaya warna), banyak meminum air putih, hindari rokok dan minuman beralkohol atau soda, batasi konsumsi gorengan dan lemak trans (margarin). Selain itu juga biasakan jadwal makan teratur setiap hari untuk mencegah ngemil karena terlewat waktu makan. Lakukan pemeriksaan secara rutin seperti menimbang berat badan dan mengukur lingkar pinggang. Buatlah target terukur untuk aktifitas fisik dan jangan lupa berpikir positif dan mengenali emosi makan supaya tidak kalap, ketika melihat makanan yang menggoda padahal perut kita sudah kenyang.

Di acara seminar itu juga diluncurkan Buku Saku Ayo Bergerak Lawan Obesitas dan Buku Menu Catering  yang berguna sekali sebagai panduan kita dalam mencegah obesitas dan menyusun menu sehat untuk keluarga. Jangan lupa asupan gizi seimbang dan aktifitas fisik ya teman.

wp-1510807660876-225982232.jpeg

 

 

HQ,17

 

 

 

 

Kesehatan, Uncategorized

Forum Pangan Asia Pasifik, Inovasi Pangan Yang Berkelanjutan

Membahas masalah pangan di Indonesia sebenarnya negara kita merupakan negara yang dikaruniai Tuhan dengan kesuburan tanahnya. Berbagai tanaman dapat tumbuh sesuai dengan kondisi tanah di masing-masing daerah di Indonesia. Oleh sebab itu sumber daya pangan di Indonesia sangatlah beraneka ragam. Namun mengapa Indonesia masih mengalami kekurangan nutrisi dan gizi buruk?

Pada temu blogger, Kamis (26/10) lalu saya bersama rekan blogger lainnya hadir di Kementrian Kesehatan untuk mendengarkan penjelasan tentang Forum Pangan Asia Pasifik (Asia Pacific Food Forum – APFF)  yang akan diselenggarakan pertama kali di Jakarta, Indonesia pada 30-31 Oktober 2017 di hotel Shangri La. Forum regional Asia Pasifik ini merupakan forum internasional yang mempertemukan semua stakeholders di bidang kesehatan, lingkungan hidup dan sistem pangan seperti pemerintah, akademisi/ilmuwan, NGO’s, politisi, pelaku bisnis yang berasal dari berbagai negara (500 negara).

img_20171106_1151562076748565.jpg

Adalah menjadi tugas pemerintah dan aparat terkait untuk membawa pesan pada forum ini agar Indonesia dapat nemecahkan permasalahan kekurangan nutrisi dan gizi buruk. Karena forum APFF ini menawarkan optimisme masa depan yang lebih bagi penghuni bumi ini. Dan Indonesia memberanikan diri untuk menjadi tuan rumah forum APFF untuk dapat menyebarkan key message permasalahan di Indonesia mengenai pangan dan nutrisi.

Temu blogger itu dihadiri oleh Kepala Biro Kerjasama Luar Negeri Kemenkes, bapak Acep Somantri, SIP,MBA, SKM Bidang Peningkatan Kemitraan dan SDGs Kemenkes, ibu Diah Satyani Saminarsih,M.Sc, SKM Bidang Peningkatan Pelayanan Kemenkes, bapak Prof.DR.dr.Akmal Taher,Sp.U(K), serta Founder dan CEO Javara, ibu Helianti Hilman juga perwakilan dari EAT Organization.

20171026_1316212076748565.jpg
CEO Javara, ibu Helianti Hilman,SKM Bidang Peningkatan Pelayanan Kemenkes, bapak Prof.DR.dr.Akmal Taher,Sp.U(K), Kepala Biro Kerjasama Luar Negeri Kemenkes, bapak Acep Somantri, SIP,MBA, SKM Bidang Peningkatan Kemitraan dan SDGs Kemenkes, ibu Diah Satyani Saminarsih,M.Sc (Dok:penulis)

Bentuk kegiatan APFF itu sendiri yaitu berupa pidato kunci, EAT TAlks, diskusi panel, competence forum dan lokakarya. Forum yang telah diselenggrakan sebanyak empat kali ini yang bertempat di Stockholk, Swedia dan Indonesia menjadi satu-satunya negara Asia pertama yang menjadi tuan rumah berikutnya. Forum APFF ini bertujuan untuk mempercepat aksi, mendukung kolaborasi ilmiah, memfasilitasi persebaran informasi terkait praktik baik yang sudah dilaksanakan maupun pemecahan tantangan krusial sekarang ini mengenai pangan dan nutrisi.

Adapun Key Message yang ingin disampaikan Indonesia di forum APFF ini yaitu:

  • Indonesia berada di jalur yang seharusnya dalam usaha mengatasi masalah kekurangan nutrisi seperti gizi buruk dan stunting.
  • Indonesia selalu mendukung upaya-upaya pengembangan inovasi sistem pangan yang berkelanjutan. Diharapkan akan ada penyampaian hasil riset ataupun pertukaran ide terkait permasalahan nutrisi dan gizi buruk tersebut.
  • Peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengetahuan mengenai apa yang mereka konsumsi sehari-hari, sudahkah memenuhi standar gizi dan nutrisi. Hingga dapat meminimalisir trend penyakit tidak menular di kalangan masyarakat.

Dengan tema “Transformasi sistem pangan global untuk memberi makan sembilan miliar penduduk bumi secara sehat dan ramah lingkungan sampai tahun 2050” menjadi tugas setiap negara sebagai penghuni bumi untuk bersama menjaga dan merawat bumi. Dengan mempercepat aksi, mendukung kolaborasi ilmiah, memfasilitasi persebaran informasi terkait praktik baik yang berhasil maupun yang sedang direncanakan. Semoga dengan adanya forum APFF ini masyarakat dunia dapat saling bersinergi memberantas masalah kekurangan nutrisi dan gizi buruk. Untuk Indonesia juga diharapkan dapat menjadi sumber ketahanan pangan dan perbaikan status gizi masyarakat Indonesia.

 

 

HQ’17

 

Kesehatan, Uncategorized

Solusi Aktifitas Sehatku Bersama K Vit C plus Teavigo

Perubahan cuaca seperti akhir-akhir ini sungguh membutuhkan stamina fisik yang prima ya. Apalagi untuk teman-teman yang aktifitasnya banyak di luar ruangan atau yang kerjaannya segambreng-gambreng hehehe. Selain pola hidup, pola makan dan aktifitas olahraga yang cukup tubuh kita ternyata juga membutuhkan asupan suplemen sebagai penambah dan penunjang stamina tubuh lho. Terkadang kita merasa yakin kalau asupan makanan kita sudah tepat dan seimbang.  Tapi sering kali juga kita tidak sadar bahwa cara kita memasak dan mengolah makanan yang kita hidangkan terkadang salah dan malah merusak vitamin yang terkandung didalamnya.

Nah..disinilah kita memerlukan asupan tambahan yaitu multivitamin. Multivitamin terbaik yang dapat membantu menyeimbangkan nutrisi dalam tubuh sehingga terkontrol dengan baik dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Ada banyak di pasaran yang menjual multivitamin, cuma seringkali kita gak tau apakah komposisinya tepat dan sesuai dengan yang kita butuhkan, dari segi hargapun sangatlah variatif. Namun sebaiknya kita bijak dan cermat dalam memilih dan mengkonsumsi multivitamin juga efek sampingnya bila ada.

Pada umumnya multivitamin itu hanya terdiri dari vitamin C sebagai antioksidan yang dikombinasikan dengan kalsium dan vitamin D. Bagaimana kalau seandainya ada multivitamin yang lengkap juga dipadukan dengan Teavigo? Wah…apa tuh Teavigo? Teavigo adalah ekstrak teh hijau yang paling murni (world’s purest green tea extract) yang mengandung Epigallotechin Gallate (EGCG) sebesar 94% diatas kandungan teh hijau yang ada di pasaran. Bahkan matcha yang ada di teh-teh hijau di restoran Jepang saja mengandung EGCG hanya 50%. Untuk info aja nih teman, bahwa kandungan EGCG pada teh hijau itu berbeda-beda, ada yang 5%, !0%,30%, 50% bahkan 94%.

Bisa dibayangkan ya multivitamin lengkap dipadu dengan Teavigo, pasti efeknya akan semakin menyerap ke tubuh.  Sebagai perusahaan yang peduli pada kualitas hidup sehat, pada awal Agustus 2017 lalu, telah hadir produk multivitamin dari K-Link Indonesia. K Vit C plus Teavigo adalah produk multivitamin yang bagus untuk anak, orang dewasa dan lansia. Beda dengan multivitamin lain, K Vit C plus Teavigo ini merupakan multivitamin yang mengandung 2 kekuatan antioksidan yaitu vitamin C dan Teavigo. Vitamin C seperti kita ketahui mengandung antioksidan yang bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh, melindungi sel-sel kulit dari radikal bebas dan zat berbahaya, meremajakan kulit dan mencegah anemia.

Kalau selama ini kita mendengar teh hijau itu bagus untuk jantung, membakar lemak, pencernaan hingga kulit karena kandungan EGCG itu tadi. Semakin besar EGCG, maka semakin tinggi juga khasiat ekstrak teh hijaunya. Selama ini jarang sekali ada multivitamin yang digabungkan dengan ekstrak teh hijau apalagi dengan Teavigo , justru K-Link lah yang menjadi pioneer dalam terobosan barunya ini yang memadukan 2 kekuatan super antioksidan.

Teavigo bebas dari pestisida dan herbisida (tidak mengandung bahan kimiawi) dan kafein. Seperti yang kita ketahui, bahwa di pasaran banyak teh hijau yang masih mengandung kafein. Namun tidak dengan  Teavigo, karen diracik sedemikian rupa hingga kandungan kafeinnya hanya tertinggal 0,1% (yang diakumulasi menjadi tidak ada atau 0%). Manfaat K Vit C plus Teavigo dalam tubuh tentu banyak, yaitu bukan hanya sekedar sebagai multivitamin yang menjaga stamina tubuh, tapi juga berkhasiat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, mengurangi resiko kanker, memperlambat proses penuaan dan menjaga kesehatan sel syaraf.

K Vit C plus Teavigo juga mudah untuk dikonsumsi, karena berbentuk tablet yang cepat larut dalam air, bahkan untuk orang yang mengalami kesulitan menelan. Vitamin C esensial yang terkandung didalamnya ini sangat mudah larut dalam air. Dengan rasa segar yang seimbang antara manis dan asam, dinetralkan dengan  teh hijau. Bahkan untuk penderita maag atau sakit lambungpun K Vit C plus Tevigo ini aman dikonsumsi karena sudah direaksikan dengan kalsium hingga tidak menyebabkan asam lambung naik, juga oleh anak-anak usia 2 tahun.

Cukup mengkonsumsi K Vit C plus Teavigo 1 tablet effervescent 1-2 kali sehari, tubuh pada tingkat normal bisanya membutuhkan 90-100mg vitamin C. Meningkat dua kali lipat ketika tubuh sedang sakit, sementara bisa mencapai 3-4 kali lipat apabila polusi udara sedang buruk. Sedangkan tubuh manusia hanya membutuhkan maksimal 200mg vitamin C setiap harinya. Dengan harga yang bersaing yaitu IDR72.000 (harga distributor) dan IDR84.000 (harga konsumen) untuk tube  berisi 10 tablet effervescent K Vit C plus Teavigo. Akan lebih hemat lagi kalau kita membelinya melalui pesanan  online disini dan ada harga member juga lho. Untuk informasi member teman-teman bisa juga lho klik disini .

Walau aman untuk penderita maag, tapi jangan lupakan juga Peringatan untuk penderita gangguan fungsi ginjal, yaitu:

  • Sebaiknya jangan berlebihan mengkonsumsi K Vit C plus Teavigo, dosis serendah mungkin karena proses ekskresinya di ginjal (misalkan konsumsi setengah atau sepertiganya saja)
  • Untuk lansia bagus mengkonsumsi K Vit V plus Teavigo karena dapat mencegah penyakit degeneratif dengan kandungan angtioksidannya yang cukup tinggi dan mampu mencegak kerusakan radikal bebas
  • Khusus ibu hamil yang  memiliki kadar felalanin tinggi juga tidak diperbolehkan, termasuk bayi berusia dibawah 1 tahun. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Dengan menganut pola hidup dan pola makan sehat serta olahraga yang teratur juga mengkonsumsi multivitamin terbaik K Vit C plus Teavigo ini diharapkan tubuh kita mendapatkan nutrisi yang tercukupi. Hingga aktifitas dapat berjalan semestinya dan kita dapat berkarya dengan lebih baik lagi tanpa gangguan. Selamat beraktifitas!

HQ’17

 

 

Kesehatan, Uncategorized

#TolakPenyalahgunaanObat dan Napza Sekarang!

Peredaran obat baik itu yang kadaluarsa atau bahkan yang ilegal sekarang ini makin marak terjadi. Tidak hanya dikalangan menengah ke atas bahkan juga merambah ke kalangan menengah ke bawah. Hal ini sangat mengkhawatirkan, dimana kebanyakan sasarannya adalah dari kalangan usia sekolah. Data BNN-Puslitkes UI melalui Survei Nasional Prevalensi Penyalahgunaan Narkoba Tahun 2014 menyebutkan bahwa saat ini Indonesia Darurat Narkoba. Sebanyak 4.022.702 (2,18%) masyarakat Indonesia menjadi penyalahguna narkotika dimana 91,3% berjenis kelamin laki-laki dan 60,7% pengguna memiliki tingkat pendidikan SMU/MA sederajat. Bagaimana nasib generasi penerus bangsa kalau peredaran obat dan napza ini terus dibiarkan? Sudah seharusnya ini menjadi warning bagi kita semua, segala lapisan masyarakat untuk turun berperang melawan penyalahgunaan obat.

img_20171023_140657206286494.jpg

Pada hari Minggu (22/10) kemarin, saya beserta rekan-rekan dari Komunitas Blogger Cihuy menghadiri area Car Free Day (CFD) di jalan MH Thamrin, Jakarta untuk menghimbau dan mengajak masyarakat mengikuti aksi #TolakpenyalahgunaanObat yang sebelumnya telah dicanangkan di Buperta Cibubur pada 3 Oktober lalu oleh Presiden Joko Widodo didampingi Kepala Badan POM RI ibu Penny Lukito  dan sejumlah pejabat terkait. Kegiatan jalan sehat ini merupakan satu rangkaian kegiatan dari Badan POM RI yang mengajak masyarakat untuk peduli akan ancaman bahaya penyalahgunaan Obat dan Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif (Napza) sekarang ini.

Pukul 5.30 pagi saya berangkat dari rumah menuju lokasi kegiatan, Alhamdulillah cuaca cerah, matahari bersinar hangat. Terlihat sudah ramai orang berkumpul di area CFD di bunderan HI dan ketika melintas melalui jalan Imam Bonjol saya lihat sudah berdiri panggung dan mobil-mobil dari Badan POM RI yang sudah siap sedia. Wahh..ternyata ada panggungnya juga ya, saya bayangkan ini pasti acaranya meriah. Beberapa saat kemudian temen-teman lainpun berdatangan, tidak lama kemudian saya mendengar pembawa acara mulai membuka acara.

img-20171022-wa0004-1103836021.jpg
Ibu Penny Lukito, Kepala Badan POM RI (Dok:twitter bpom)

Hadir perwakilan-perwakilan dari berbagai instansi pemerintah seperti Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Kongres Wanita Indonesia (Kowani), Badan Narkotika Nasional (BNN), Kepolisian RI (Polri) dan pelajar SLTA dan mahasiswa juga masyarakat umum. Acara dibuka dengan mengadakan long march mulai dari Jalan Imam Bonjol menuju Bundaran Hotel Indonesia dan berakhir di depan Sarinah Thamrin Plaza. Sepanjang long march peserta  membawa atribut berupa poster dan banner juga yel-yel ajakan untuk menolak penyalahgunaan obat dan mewaspadai peredaran obat ilegal dan kadaluarsa ke masyarakat.

Mobil Badan POM RI yang siap melayani masyarakat (Dok:penulis)

Setelah long march acara disusul dengan senam bersama, antusias masyarakat terlihat sekali di area CFD itu. Sebagian terlihat berkerumun di sekitar mobil-mobil Badan POM RI yang menggelar aneka contoh obat-obat ilegal, kadaluarsa atau yang tidak memiliki ijin. Di mobil Badan POM RI itu juga sudah standby petugas yang siap menjelaskan tentang obat-obatan yang beredar di masyarakat.

Selanjutnya dengan disaksikan oleh perwakilan masing-masing instansi dan masyarakat yang hadir di CFD hari itu, dilakukan juga penggalangan komitmen untuk bersinergi memerangi penyalahgunaan obat dan napza demi menjaga stabilitas nasional. “Kelompok pelajar dan mahasiswa ini akan menjadi Duta Tolak Penyalahgunaan Obat dan Napza. Mereka diharapkan dapat menjadi perpanjangan tangan Badan POM RI dalam mendorong kesadaran pelajar dan mahasiswa untuk perang terhadap penyalahgunaan obat dan napza”, jelas Kepala Badan POM RI, ibu Penny Lukito.

Hadir juga Deputi Pemberdayaan Masyarakat BNN bapak Sobri, Ketua IAI ibu Azizahwati, Ketua Bidang Umum Kowani ibu Nuning Siregar, dan Wakil Ketua Sekretaris Jenderal Kowani ibu Hikam. Kegiatan hari itu juga menghadirkan paduan suara pelajar SMA se Jakarta yang menyanyikan jingle #TolakPenyalahgunaan Obat juga rampak gendang yang dibawakan oleh para pemain rampak gendang dari Banten.

Seperti yang terlihat tren kasus penyalahgunaan obat banyak menyasar generasi muda, yaitu kalangan anak-anak dan remaja usia sekolah. Tentunya hal ini merupakan masalah sosial yang serius dan wajib ditangani bersama. Upaya penanganan kejahatan dan penyalahgunaan obat ini memerlukan solusi holistik pada seluruh rantai demand dan supply, baik melalui upaya preventif maupun represif.

Dengan pencanangan aksi #TolakPenyalahgunaanObat ini diharapkan masyarakat aware akan bahaya ini dan bersama Badan POM RI dan instansi terkait berperang melawan peredaran napza dan melindungi buah hati kita generasi penerus bangsa. Mari #TolakPenyalahgunaanObat dan jadilah masyarakat yang cerdas, gunakan obat sesuai aturan. Hindari membeli obat-obatan secara online atau ditempat-tempat yang tidak resmi, karena pemerintah tidak menjamin keaslian dari obat-obatan yang dijual secara online ataupun di tempat resmi seperti apotek, toko obat berijin atau pelayanan kesehatan lainnya.

Ada baiknya juga kita mencari tahu tentang obat-obatan yang sekiranya kita merasa curiga dengan menghubungi Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Badan POM RI terdekat. Atau bisa juga melalui media sosial Badan POM RI yaitu :

Contact Center HALO BPOM : 1-500-533, SMS 0-8121-9999-533

Website : http://www.pom.go.id

Email : halobpom@pom.go.id

Facebook : Badan POM

Twitter : @bpom_ri

Instagram : @bpom_ri

 

 

 

HQ’17

 

Kesehatan, Uncategorized

#KLinkSolusiHidupMu, Mitra Bisnis Syariah

Bisnis MLM (Multi Level Marketing) di Indonesia sangat beraneka macam. Ada yang khusus di bidang fashion, kecantikan, bahkan juga kesehatan. Namun tidak banyak MLM yang menjalankan bisnisnya dengan basis Syariah, salah satunya yaitu K-Link Indonesia. Mendengar nama K-Link sebenarnya tidaklah asing di telinga saya. Produk K-Link yang saya tahu dan kenal salah satunya adalah klorofil yaitu cairan hijau daun yang banyak mengandung anti oksidan.

photogrid_1507649103138-421803500.jpg

 

Pada Rabu (11/10) lalu, saya berkesempatan hadir pada “Seminar K-Link Solusi HidupMu” yang diselenggarakan di Ballroom, K-Link Tower, Jakarta Selatan. Hadir 3 narasumber utama di acara seminar malam itu, yaitu Muhammad Fajrin Rasyid selaku Co Founder bukalapak.com, Ustad Erick Yusuf dan Dato DR.H.MD Radzi Saleh selaku Presiden Direktur PT K-Link Indonesia. Selain ketiga narasumber tadi juga ikut hadir 2 wanita hebat yang sukses dengan bisnis K-Link, bahkan menjadi penyemangat bagi yang lainnya. Kedua wanita tersebut adalah Anisa Permata Sari, Crown Ambassador K-Link yang merupakan mualaf berkewarganegaraan Taiwan dan Triana Kusumawati, Senior Crown Ambassador K-Link.

Dalam kesempatan malam itu, bapak M.Fajrin Rasyid mengatakan bahwa di jaman digital seperti sekarang ini, sudah sepantasnya banyak orang yang berbisnis atau mengembangkan bisnisnya secara digital melalui penjualan online. Kalau dulu kita berbisnis masih menggunakan cara lama yang berupa face to face, tapi sekarang sudah banyak yang menggunakan cara online. Bahkan alat komunikasi texting atau pesan pun seperti wattsapp juga dijadikan sarana untuk berbisnis.

Bukalapak sebagai platform e-commerce berusaha melakukan bisnis dengan seprofesional mungkin. Apa yang dibutuhkan oleh pelanggan diusahakan untuk tersedia, seperti misalnya saja kain kafan, bukalapak juga menjualnya. Jadi terus kembangkan diri dalam berbisnis online.

Walaupun demikian, menurut beliau janganlah kita ikut-ikutan berbisnis online hanya karena sedang booming, misalnya saja seperti yang baru-baru ini terjadi dimana masyarakat berbondong-bondong ikut berbisnis batu akik atau tanaman gelombang cinta. Seiring berjalannya waktu, kedua bisnis itupun ikut surut dan hanya beberapa gelintir saja yang masih menekuninya. Ada tips yang diberikan bapak M.Fajrin Rasyid bila kita hendak terjun dalam bisnis online, yaitu:

  1. Niat, tetapkan niat berupa tujuan dan alasan untuk melakukan bisnis online. Bukan karena ikut-ikutan atau karena sekedar trend.
  2. Tentukan ide, team, juga model bisnis apa yang hendak kita jalani dan segera lakukan.
  3. Partner, cari dan temukan partner bisnis yang solid yang mempunyai visi dan misi yang sama sejalan dan saling membackup.

Narasumber kedua Ustad Erick Yusuf mengatakan bahwa usaha yang dilakukan untuk memberi manfaat kepada orang banyak justru akan lebih berkah. Itulah sebabnya Ustad Erick melihat bahwa K-Link yang menghadirkan MLM Syariah itu patut diacungi jempol. Bukan hanya produknya yang syari tapi juga dengan sistem dan proses yang ada di K-Link menggunakan metode Syariah. Dengan membantu memberikan solusi kesehatan hingga yang sakit dapat terobati dan yang sehat dapat manfaatnya.

K-Link yang merupakan salah satu perusahaan MLM di Indonesia yang memiliki marketing plan yang syariah. Kenapa Syariah? Karena dasar syariah para distributor yang menjalankan bisnis MLM K-Link ini akan merasa tenang  sesuai dengan kaidah-kaidah hukum Islam.

Sebagai MLM K-Link juga memperhatikan anggota-anggotanya, yang tidak sedikit juga  dari mereka adalah kaum perempuan. Seperti yang kita ketahui perempuan telah menjadi penentu perkembangan arah trend dan market untuk berbagai industri, juga penentu keputusan dalam pembelian keluarga. Tidak sedikit juga perempuan yang memegang fungsi ganda sebagai kepala keluarga. Oleh sebab itu K-Link membentuk Ladies Beauty Club sejak November 2013 untuk mewadahi leader-leader perempuan K-Link agar lebih mengembangkan dan mengorganisir program-program K-Link khusus yang berkaitan dengan isu perempuan.

photogrid_1508326377083-1131912188.jpg

Seperti 2 narasumber tamu berikut ini yang awalnya berjuang di K-Link dari nol hingga mendapat pencapaian seperti sekarang ini. Anisa Permata Sari, Crown Ambasador  adalah perempuan gigih yang berjuang  menaikkan taraf hidup dirinya juga keluarganya. Seorang mualaf asal Taiwan yang akhirnya berhasil menjalankan bisnis K-Link bermitra dengan suaminya yang seorang Indonesia. Yang kedua adalah Triana Kusumawati, Senior Crown Ambassador juga berhasil seperti sekarang berkat kerja kerasnya membangun bisnis K-Link. Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti hanya duduk manis saja dirumah, tapi juga dapat menjalankan bisnis yang tidak saja menguntungkan dan menghasilkan tapi juga ikut membantu orang lain yang membutuhkan produk kesehatan yang halal tanpa menghilangkan peran domestik sebagai ibu dan istri juga keluarga.

Produk K-Link yang beraneka macam juga dituntut untuk dapat dipasarkan secara online. Selama 15 tahun perkembangannya ini juga K-Link mulai mengembangkan sayap di dunia online dengan meluncurkan mobile apps agar bisnis K-Link dapat dinikmati oleh distributor dan masyarakat dengan format yang lebih mudah diakses. Apabila akses terbuka, maka peluangpun akan masuk juga. Seperti yang dijelaskan bapak Dato’ DR. H. MD. Radzi Saleh bahwa K-Link itu menawarkan peluang. Peluang untuk kita yang membutuhkan pekerjaan dan penghasilan menarik dengan cara membantu orang-orang untuk mengatasi masalah kesehatan, meningkatkan kualitas kesehatan dengan memasarkan produk K-Link yang teruji dan berkualitas.

20171011_213827-421803500.jpg
Dato DR.H.MD Radzi Saleh selaku Presiden Direktur PT K-Link Indonesia (Dok:penulis)

Seperti motto K-Link #KLinkSolusiHidupMu, yaitu memberikan solusi hidup untuk masyarakat, laki-laki perempuan untuk tanggap dengan perkembangan dan mendapatkan penghasilan sendiri. Adapun solusi yang ditawarkan K-Link adalah:

  • Solusi Sehat, dengan konsep Cleansing Balancing Activating yang ditunjang dengan produk-prodeuk makanan dan minuman keehatan yang bermutu dan teruji klinis.
  • Solusi Financial, menawarkan alternatif profesi yang memberikan penghasilan yang bagus untuk masa depan keluarga.
  • Solusi Cantik, menawarkan produk perawatan tubuh dan kecantikan. Melalui LBC juga menawarkan program-program seminar edukasi mengenai kesehatan wanita, gizi keluarga, weight management, keharmonisan rumahtangga, kecantikan dan kebugaran, juga pemberdayaan perempuan secara ekonomi.

Dengan ketiga Solusi tersebut, posisi K-link sebagai market leader di industri MLM mendorong K-Link untuk semakin mengembangkan potensi pasar terhadap kebutuhan masyarakat akan produk-produk kesehatan yang bermutu dan semakin beragam. Ada berbagai produk kesehatan K-Link salah satunya  penasaran saya coba yaitu K-Honey 5 in 1. Kebetulan saya termasuk yang sering kali mengalami panas dalam atau tenggorokan yang gak enak, kadang susah untuk menelan. Ada yang menyarankan saya untuk rutin mengkonsumsi madu. Tapi kan ada bermacam aneka madu dipasaran, yang seringkali saya nggak tahu apakah itu asli atau tidak.

20171018_183829-421803500.jpg
K-Honey 5 in 1 (Dok:penulis)

Sebenarnya mudah aja kok untuk mengetahui madu yang kita beli itu asli atau nggak. Pertama ya kita harus membelinya di tempat yang terpercaya sebagai distributor atau penjual madu atau produk kesehatan. Bisa juga dengan membuktikan keaslian madu yang kita beli dengan cara sebagai berikut:

  • Uji dengan air, tuangkan sesendok madu ke dalam air putih dalam gelas bening hingga terlihat apakah madu tersebut mudah larut atau tidak. Apabila mudah larut berarti madu tersebut mengandung air, sedangkan madu yang asli itu pekat atau kental dan tidak mudah larut dalam air.
  • Uji dengan api, karena termasuk objek yang mudah terbakar maka kita dapat mengujinya dengan meneteskan madu pada secarik kertas lalu membakarnya. Apabila mudah terbakar berarti madu asli, apabila tidak berarti madu tersebut mengandung air, dan apabila dimasak madu akan berkaramel.
  • Uji dengan kertas, teteskan madu pada sehelai kertas, perhatikan apakah kertas tersebut akan membekas basah atau tidak. Kalo basah berarti mengandung air, karena madu yang asli akan tetap berada di atas permukaan kertas.
  • Uji dengan kain, beda dengan kertas, madu yang diteteskan pada kain akan segera menyerap dan apabila dicuci tidak akan meninggalkan noda.
  • Uji dengan alkohol, campurkan madu dengan alkohol dengan proporsi yang sama, lalu tuangkan dalam gelas. Madu yang murni akan membentuk gumpalan, sedang yang palsu akan terlihat cairan putih seperti susu diatasnya.

Pas kebetulan sekali di acara K-Link itu saya lihat di brosur K-Link ada produk madu yang bernama K-Honey 5 in 1. Melihat video komersial tentang K-Honey ini saya semakin tertarik untuk mencobanya. Kenapa 5 in 1?Yang saya tau madu itu adalah salah satu produk alam dari lebah yang bermanfaat untuk kesehatan. K-Link mengeluarkan produk K-Honey 5 in 1, yaitu madu yang mengandung komposisi lengkap membentuk 5 kesatuan dalam 1 produk, yaitu madu murni 100%, royal jelly, ekstrak buah anggur, ekstrak buah delima dan ekstrak buah kurma. Wahh..lengkap banget ya. Ekstrak buah-buahan ini mengandung senyawa flavonoid yang berperan sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan anti bakteri serta sebagai enzim pencernaan yang baik untuk kesehatan.

Ekstrak buah delima sangat bagus untuk penderita hipertensi karena mengandung senyawa fenolik yang mampu menurunkan tekanan sistolik dan diastolik. Sedangkan ekstrak buah kurma bagus untuk penderita jantung koroneratau aritmia (gangguan detak jantung) yang disebabkan kekurangan kalium, yang berperan menjaga ritme jantung dan mempercepat penghentian darah. Sedang royal jelly mampu mengurangi resiko kanker, tumor, anti infeksi (saluran kemih) dan diabetes.

Dari kandungan yang ada di K-Honey 5 in 1 ini tentu manfaatnya berguna sekali untuk tubuh kita sebagai sumber energi, juga bagus untuk kulit sebagai pelembab bibir atau masker, juga berkasiat sebagai penyembuh luka baik luka luar maupun dalam. Dari informasi tersebut saya jadi yakin deh dengan manfaat K-Honey 5 in 1 ini, apalagi setelah saya coba, rasa madunya manis asli dengan aroma segar buah delima dan royal jelly. Dengan harga cukup terjangkau yaitu IDR110.000 per box isi 7 sachet sangat sebanding dengan manfaat yang ada didalamnya. Produk K-Honey ini bisa di konsumsi langsung atau sebagai pemanis di minuman seperti teh atau kopi sebagai pengganti gula. Kalau anak saya suka dioleskan ke roti utuk sarapannya. K-Honey ini aman dikonsumsi anak-anak lho, adapun takaran konsumsinya yaitu:

  • Dewasa 1 sachet 3-4 kali sehari
  • Usia 6-12 tahun konsumsi 1 sachet 3 kali sehari
  • Usia 1-5 tahun konsumsi 1 sachet 2 kali sehari
  • Penderita diabetes konsumsi 1 sachet 2 kali sehari, namun untuk penderita alergi madu untuk berhati-hati dalam mengkonsumsinya.

Dengan rajin mengkonsumsi madu K-Honey ini dan tentunya juga asupan gizi yang cukup dan seimbang, saya yakin manfaatnya akan semakin terasa ditubuh kita. Jadi jangan ragu lagi untuk menerapkan gaya hidup sehat juga ya ditambah dengan mengkonsumsi produk kesehatan yang berkualitas dari K-Link, tentunya selain membawa manfaat untuk diri sendiri juga berkah untuk yang lainnya.

HQ’17

 

 

 

 

 

Kesehatan, Uncategorized

Yuk Kelola Stress Agar Sehat Jasmani Rohani

Hidup dan bekerja di kota besar dengan segala rutinitas yang ditemui setiap hari tentu membuat tekanan tersendiri dalam kehidupan seseorang. Apalagi yang rumahnya jauh dari tempat bekerja yang biasanya pagi-pagi sudah harus berangkat. Terlambat sedikit aja kemacetanlah yang akan ditemui, walhasil masuk kantor bisa jadi terlambat. Sesampai di kantor kalo situasi kondusif mungkin akan sedikit melegakan, lain hal kalo keadaan atau situasi kantor sedang banyak-banyaknya kerjaan..wah bisa dibayangkan deh betenya kayak apa. Belum lagi kemungkinan adanya benturan dengan rekan kerja atau pimpinan. Hal tersebut bisa jadi semakin meningkatkan stress bagi pekerja itu sendiri.

Menurut data dari Kemenkes 1 dari 6,8 orang mengalami masalah kesehatan jiwa di tempat kerja. Dan justru perempuanlah yang beresiko 2 kali lebih besar dibandingkan laki-laki yang juga bekerja penuh waktu. Hal ini menunjukkan rentannya masalah kesehatan jiwa bagi para pekerja perempuan di Indonesia. Bahkan survey yang pernah dilakukan di suatu perusahaan kimia yang melibatkan 1900 pekerja menunjukkan bahwa lebih dari 20% pekerjanya mengalami gangguan mental emosional.

Menurut Undang Undang Kesehatan No.36/2009 definisi kesehatan adalah keadaan sehat baik secara fisik, mental spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Apabila kesehatan mental kita terganggu tentunya dapat mempengaruhi kesehatan fisik juga. Masalah kesehatan jiwa dan kesehatan fisik itu saling terkait dan saling mempengaruhi.

wp-image--454909370
(Dok;penulis)

Dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 10 Oktober, Kemenkes mengadakan Temu Blogger pada Selasa (4/10) di gedung Kemenkes, Jakarta. Hadir di acara tersebut yaitu Dr.dr.Fidiansjah, Sp.KJ,MPH, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza, ibu dr.Eka Viora, Sp.KJ, Ketua Pengurus Pusat Persatuan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Indonesia (PP-DSKJI). Hari Kesehatan Jiwa Sedunia diperingati dengan tujuan meningkatkan kesadaran seluruh warga dunia akan pentingnya masalah kesehatan jiwa serta memobilisasi segala upaya untuk mendukung kesehatan jiwa. Hal ini juga merupakan salah satu kesempatan bagi seluruh pemangku kepentingan untuk bahu membahu dalam rangka mewujudkan masyarakat yang sehat jiwanya di seluruh dunia.

wp-image-2028361715
Dr.dr.Fidiansjah, Sp.KJ,MPH, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza

Kesehatan jiwa di tempat kerja perlu diperhatikan, karena berdampak pada kinerja pekerja itu sendiri. Pekerja yang sehat tentunya akan bekerja dengan maksimal dan membawa efek kebahagiaan pada keluarga. Tapi apabila pekerja sakit tentunya berdampak pada rekan kerja, hasil kerja juga keluarga. Kesehatan jiwa di tempat kerja sangatlah penting. Secara global estimasi biaya pertahun dari penanganan masalah kesehatan jiwa sebesar 2,5 triliun USD dan diperkirakan akan terus bertambah mencapai 6 triliun USD pada tahun 2030. Bisa dibayangkan biaya yang dikeluarkan untuk menangani masalah kesehatan jiwa yang tiap tahunnya mengalami peningkatan apabila tidak segera ditangani segera.

Berbagai dampak dari masalah kesehatan jiwa terlihat pada kasus-kasus sebagai berikut, yaitu:

  • bahaya asbes dalam kesehatan
  • penyakit infeksi (kasus SARS)
  • alkoholisme dan penyalahgunaan zat kimia
  • stress, burnout (kelelahan mental) dan depresi
  • masalah kesehatan yang berkaitan dengan komputer
  • kekerasan di tempat kerja

Oleh karena itu pencegahan penyakit akibat kerjapun harus dilakukan seperti:

  • Melalukan identifikasi potensi bahaya penyakit akibat kerja
  • promosi kesehatan kerja sesuai dengan hasil identifikasi potensi bahaya yang ada di tempat kerja
  • melakukan pengendalian potensi bahaya di tempat kerja
  • pemberian informasi mengenai alat pelindung diri yang sesuai dengan potensi bahaya yang ada di tempat kerja dan cara pemakaian alat pelindung diri yang benar
  • pemberian imunisasi bagi pekerja yang terpajan dengan agen biologi tertentu

Karena pekerja mempunyai risiko terhadap masalah kesehatan yang disebabkan oleh proses kerja , lingkungan kerja serta perilaku kesehatan pekerja, maka tempat dan lingkungan kerja yang sehat tentunya menguntungkan pekerja dan pengusaha. Pekerja menjadi produktif dan pengusaha menuai keuntungan. Oleh sebab itu sudah selayaknya dilakukan juga penemuan dini penyakit akibat kerja dengan melalukan pemeriksaan kesehatan pra kerja, pemeriksaan berkala, pemeriksaan khusus dan surveilans kesehatan pekerja dan lingkungan kerja.

wp-image--71570915
Keluarga Bahagia=Keluarga Sehat,pekerja Sehat (Dok:penulis)

Upaya kesehatan pun dilakukan, baik melalui keluarga maupun pemerintah melalui penerapan paradigma sehat yaitu melalui program promotif-preventif sebagai landasan pembangunan kesehatan, pemberdayaan masyarakat dan keterlibatan lintas sektor. Upaya tersebut tentunya harus didukung juga oleh masyarakat. Seperti Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau GERMAS yang dicanangkan Kemenkes. GERMAS itu sendiri yaitu suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bansa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup yang bertujuan meningkatkan produktivitas masyarakat, menurunkan beban biaya pelayanan kesehatan dan memperbaiki kualitas hidup masyarakat.

Jadi bekerja itu sebenarnya baik lho untuk kesehatan jiwa, karena dengan bekerja seseorang dapat merealisasikan keahliannya baik keahlian fisik maupun pikiran. Namun lingkungan kerja yang buruklah yang memicu terjadinya masalah kesehatan jiwa salah satunya stress itu. Karena akibat depresi dan kecemasan itu berdampak ekonomi. Bisa dibayangkan apabila ada pekerja yang mengalami masalah kesehatan jiwa dan dia seringkali tidak masuk kerja tentu berdampak kerugian pada perusahaan tempaty dia bekerja. Berbagai laporan tentang kasus-kasus di tempat kerja misalnya pelecehan dan intimidasi di tempat kerja. Tentu hal tersebut berdampak buruk terhadap kinerja si pekerja.

wp-image-1714588045
ibu dr.Eka Viora, Sp.KJ, Ketua Pengurus Pusat Persatuan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Indonesia (PP-DSKJI) (berdiri,Dok:penulis)

Penyebab stress atau stressor itu dapat terjadi dari dalam (internal) biasanya berupa emosi yang kuat dan bersifat negatif, rasa takut, cemas, kuatir,marah, benci, cemburu, rendah diri, sedih dan tak berguna juga rasa kasihan terhadap diri sendiri. Sedang stressor yang dari luar (eksternal, baik lingkungan maupun organisasi) yaitu berupa reaksi individu dengan lingkungan, traumatik, reaksi terhadap kehilangan (kematian orang yang dicintai, perceraian, konflik, trauma,dll). Reaksi orang pun terhadap stressor berbeda-beda. Ada yang fight yaitu melawan stress itu sendiri atau mencari pemecahan terhadap permasalahan yang dihadapi, tapi ada juga yang flight atau melarikan diri dari permasalahan yang dihadapi.

wp-image--2138521199
(Dok:penulis)

Orang-orang yang fight menghadapi stressor itulah biasanya yang dapat mengelola stressnya. Karena bagaimanapun yang namanya stress pasti pernah menghinggapi kita. Stress memang bukan gangguan kesehatan, namun apabila tidak dikelola stress dapat menjadi virus yang dampaknya melebihi penyakit yang berbahaya sekalipun bahkan dapat menimbulkan kematian (bunuh diri atau bahkan membahayakan orang-orang disekitarnya).

Oleh sebab itu tinggal bagaimana kita bersikap untuk menghadapi stress tersebut, yang antara lain :

  • hindari situasi yang mengancam
  • ubah bagaimana kita melihat sesuatu
  • kontrol situasi
  • kelola bagaimana stress mempengaruhi kita
  • buat tujuan yang realistis
  • relaksasi
  • cari tahu apa yang lebih penting

Dengan mengetahui bagaimana kita mengelola stress, kita jadi lebih tahu tujuan pengelolaan stress itu sendiri, yaitu agar kita dapat mengenali penyebab stress dan mengetahui teknik-teknik kelolanya hingga kita dapat memperbaiki kualitas hidup kita agar menjadi lebih baik. Karena ketidak mampuan mengelola stress juga bisa dipersulit lagi dengan pengelolaan waktu yang tidak efektif dan harapan yang tidak realistis, yang pada akhirnya mendorong kita untuk melakukan hal-hal yang negatif untuk mengatasi atau menghindari situasi yang menekan.

wp-image--982797690
Aplikasi Sehat Jiwa dari Kemenkes (Dok:penulis)

Kesimpulannya adalah seberat apapun permasalahan yang ada disekitar kita, kata kuncinya ada pada keseimbangan hidup. Keseimbangan antara kehidupan keluarga, teman, karir dan kesehatan. Karena semua itu saling berhubungan dan saling berketergantungan. Yuuk seimbangkan kehidupan kita agar terhindar dari stress.

 

HQ’17

 

 

 

 

 

Kesehatan, Uncategorized

Yuk Jadi Ibu Cerdas Melek Gizi

Kesehatan anak di masa yang akan datang terbentuk dari bagaimana asupan nutrisi yang diterimanya. Tentu sebagai orang tua, kita ingin anak-anak kita tumbuh dan berkembang sehat jasmani dan rohani. Semua itu tidak di dapat secara instan lho. Pemberian asupan nutrisi sejak dari dalam kandungan hingga 1000 hari kedepan sangat penting untuk tumbuh kembang anak-anak. Oleh sebab itu mengapa sebagai seorang ibu kita tidak hanya dituntut untuk cerdas mengurus segala keperluan rumah tangga tapi juga cerdas dalam memberikan dan menyediakan nutrisi untuk keluarga atau istilahnya menjadi ibu yang melek gizi.

Seperti yang dijelaskan oleh para nara sumber dalam acara Temu Blogger: “Mari Menjadi Ibu Melek Nutrisi demi Mewujudkan Generasi Emas 2045” di Balai Sarwono, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu, yang dimoderatori oleh ibu Kristin Samah dari Komunitas Kopi,Kebaya dan Buku diantaranya ibu Dr.Ir.Dwi Hastuti,MSc selaku Kepala Divisi Perkembangan Anak, Dept. IKK, FEMA, IPB dan Pengelola Labschool Pendidikan Karakter,IPB. Beliau mengatakan bahwa tumbuh kembang anak tidak terlepas dari pemberian nutrisi seimbang agar tumbuh optimal. Biasakan mendampingi anak di waktu makan sejak kecil di saat anak sudah mulai mengenal makanan (diusia 7bulan dengan MPASI). Ajarkan anak untuk duduk makan di meja makan bersama-sama. Biarkan si anak memilih makanan yang disuka dan diinginkannya dengan kita sebagai orang tua memberikan contoh terlebih dahulu bahwa makanan itu enak dan bermanfaat untuk tubuh.

Dr.Ir.Dwi Hastuti,MSc selaku Kepala Divisi Perkembangan Anak, Dept. IKK, FEMA, IPB dan Pengelola Labschool Pendidikan Karakter,IPB dan Kristin Samah dari Komunitas Kopi,Kebaya dan Buku (Dok:penulis)

Dengan pemberian contoh tersebut, anak akan belajar mengenal dan menyukai makanannya. Hingga besar nanti diapun akan tau mana makanan yang baik untuk tubuhnya dan akan menghabiskan makanan yang dia ambil. Jika tiba saatnya makan hindari pemberian jajanan atau cemilan karena akan membuat si anak akan merasa kenyang pada saat waktu makannya tiba. Seperti yang dijelaskan oleh bapak Prof.Dr.Ir. Dodik Briawan, Nutrisionist dan Peneliti di Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi Pangan dan Pertanian Asia Tenggara bahwa berikan asupan gizi seimbang kepada anak sejak anak mulai mengenal makanan. Keluargalah yang akan menjadi contoh si anak dalam mengenal dan menyukai makannya. Oleh sebab itu sebagai orang tua terutama ibu yang berperan dalam memberikan dan menyajikan masakan untuk keluarga di rumah sudah seharusnya cerdas dalam memilih mana makanan yang baik, mana yang tidak.

Prof.Dr.Ir. Dodik Briawan, Nutrisionist dan Peneliti di Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi Pangan dan Pertanian Asia Tenggara (Dok:penulis)

Aktifitas makan pada anak memang berbeda-beda, ada anak yang gampang makannya namun ada juga yang susah. Beberapa orang tua seringkali kesulitan mengajak anaknya makan hingga harus dibujuk-bujuk. Ada berbagai penyebab mengapa anak susah untuk makan, yaitu kemungkinan karena sebelumnya si anak sudah banyak mengkonsumsi makanan ringan atau jajanan. Padahal seperti yang kita ketahui jajanan itu sebetulnya hanyalah sebagai makanan pendamping bukan pengganti makanan utama. Kebanyakn dari para orang tua tidak memperhatikan komposisi bahan yang terkandung dalam makanan jajanan tersebut. Namun ketika anak mulai susah makan, banyak orang tua yang memberikan jajanan maknan atau minuman. Misalnya saja seperti pemberian SKM (Susu Kental Manis) layaknya minuman susu sehari-hari.

Syahrizal selaku tim penggerak PKK Pusat dan Natalya Kusumawati, Peneliti dalam menganalisa Label YLKI (Dok:penulis)

Padahal seperti yang kita ketahui SKM itu bahan dasarnya adalah 50% gula dan sisanya adalah air dan perasa susu. Bisa dibayangkan donk berapa kadar gula dan lemak yang akan ditimbun di dalam tubuh anak-anak kita kalau setiap hari kita memberikan SKM. Padahal SKM itu seharusnya hanya sebagai bahan makanan atau topping pada makanan seperti es krim, roti atau kue-kue. Mereka menganggap gak apa-apalah yang penting anaknya makan. Dampak pemberian SKM kedepannya sangat tidak baik untuk kesehatan anak, yaitu dapat memicu obesitas, beresiko penyakit diabetes, menyebabkan kerusakan ginjal dan menjadi salah satu penyebab karies gigi.
Banyaknya produsen makanan yang tidak begitu memperhatikan tentang komposisi bahan yang terkandung dalam makanan, kategori makanan tersebut cocok untuk siapa juga membuat Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI)merasa prihatin. Seperti yang dicontohkan Natalya Kusumawati, Peneliti dalam menganalisa Label dari YLKI bahwa ada jenis minuman instan yang memberikan keterangan tentang batasan siapa yang dapat mengkonsumsi produk itu dengan tulisan yang sangat kecil hingga hampir tidak terlihat. SEbagai konsumen yang cerdas juga harusnya kita teliti dalam memebeli produk-produk makanan apalagi yang akan dikonsumsi anak-anak kita

Oleh sebab itulah mengapa sebagai orang tua dalam hal ini ibu yang berperan mengatur, memasak, menyiapkan dan menyediakan makanan untuk keluarga agar dapat lebih cerdas lagi dalam menerapkan asupan nutrisi seimbang. Peran PKK sebagai penggerak hidup sehat juga sangat membantu pemerintah untuk memberikan penyuluhan dan informasi kepada ibu-ibu, seperti yang dikatakan oleh bapak Syahrizal selaku tim penggerak PKK Pusat. Manfaatkan PKK sebagai pusat informasi terdekat di lingkungan rumah. Karena tumbuh kembang anak akan optimal apabila asupan nutrisi seimbang yang didapatkan berjalan lurus dengan upaya pemberian stimulasi-stimulasi untuk mendukung kecerdasannya. Yuk jadi ibu cerdas yang melek gizi untuk generasi emas 2045.

 

Penulis bersama rekan-rekan Blogger Cihuy

 

HQ’17

 

 

Kesehatan, Uncategorized

Lindungi Generasi Penerus Bangsa dengan #TolakPenyalahgunaanObat dan #BerantasObatIlegal

Peredaran obat ilegal maupun  kadaluarsa akhir-akhir ini sangat marak terjadi. Seperti baru-baru ini saja Badan POM menemukan ribuan obat ilegal seperti PCC yang memakan korban anak-anak usia sekolah. Miris sekali mendengarnya, dimana anak-anak  yang seharusnya berkonsentrasi pada sekolah dan masa remaja ternyata telah teracuni oleh penyalahgunaan obat-obatan. Hal ini membuat saya, sebagai seorang blogger yang juga ibu 3 anak merasa khawatir dan ikut geregetan dengan kasus tersebut.

“Obat ilegal merupakan salah satu jembatan untuk terjun ke narkoba dan sejenisnya”, ucap Bimbim, salah satu personel Slankrock band legendaris Indonesia ketika di tanya Bapak Presiden Jokowi. Saya setuju sekali dengan  Bimbim, bermula dari coba-coba menggunakan obat ilegal yang akhirnya membawa kepada kecanduan. Sudah sepantasnya para pengedar dan pedagang obat-obat ilegal dan terlarang lainnya dihukum seberat-beratnya. Di dor langsung kalo perlu hehehe.

Bagaimana nasib bangsa ini kedepannya kalau anak-anak kita sudah mulai terkontaminasi oleh obat-obat ilegal dan terlarang lainnya. Tidak akan punya masa depan! Bukan hanya fisik yang rusak tapi juga jiwa. Oleh sebab itu masalah penyalahgunaan obat bukan hanya menjadi masalah orang tua, guru atau pemerintah semata, tapi juga melibatkan banyak elemen masyarakat. Karena yang dirusak adalah generasi penerus bangsa. Pemberantasan harus dilakukan secara serentak dan tuntas sampai ke akar-akarnya. Bukan hanya yang tampak di permukaan saja, kalau perlu sampai ke lubang tikus. Tidak bisa dianggap enteng dan harus ditindak tegas.

wp-image--1962337335
Presiden RI Joko Widodo dalam pidato pencanangan #AksiNasional #TolakPenyalahgunaanObat dan #BerantasObatIlegal (Dok:penulis)

“Negara harus hadir untuk bangsa Indonesia, melindungi rakyat, menyelamatkan generasi muda, dan bangsa Indonesia. Badan POM beserta seluruh Kementerian dan Lembaga harus bersinergi mengawasi penyalahgunaan obat”, lanjut Presiden RI dalam arahannya yang juga disaksikan Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, Menteri Kesehatan, Nila F. Moeloek, Kabareskrim Polri, Komjen Polisi. Ari Dono Sukmanto dan Penny K Lukito, Ketua Badan POM dalam #AksiNasional pencanangan Pemberantasan Obat Ilegal dan Penyalahgunaan Obat di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Selasa (03/10).

Acara hari itu dimulai pukul 9 pagi yang dibuka dengan pidato laporan dari Ketua Badan POM ibu Penny K.Lukito. Beliau mengatakan bahwa Badan POM berusaha merealisasikan mandat dari presiden untuk mengawasi penggunaan obat-obatan di wilayah negara Indonesia. Namun usaha Badan POM juga harus didukung oleh masyarakat dan pihak-pihak terkait lainnya seperti kepolisian dan instansi kesehatan. Laporan masyarakat juga sangat mendukung sekali terkait masalah penyalahgunaan obat dilingkungannya masing-masing.

wp-image-334633688
Presiden RI Joko Widodo bersama Bimbim Slank dan Kabareskrim Polri, Komjen Polri Ari Dono Sukmanto (Dok: BloggerCihuy)

Acara #AksiNasional ini bertujuan untuk memberantas peredaran obat ilegal secara tuntas dan menyeluruh. Selain itu dilakukan juga penandatanganan dokumen Komitmen Bersama Aksi Nasional Pemberantasan Obat Ilegal dan Penyalahgunaan Obat yang dilakukan oleh Kepala Badan POM RI, Menteri Kesehatan RI, Kabareskrim Polri, Deputi Bidang Kordinasi Kesehatan Kementerian Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Ketua GP Farmasi, Generasi Muda, dan anggota Band SLANK.

Kehadiran SLANK sebagai perwakilan musisi yang juga ikut mendukung pemerintah dalam hal ini Badan POM dalam #AksiNasional #TolakPenyalahgunaanObat dan #BerantasObatIlegal. Seperti yang kita ketahui personil SLANK pernah terlibat dengan obat-obat terlarang. Namun berkat kesabaran dan kegigihan bunda Ifeb (ibu dari salah satu personilnya yang juga sebagai manager mereka), akhirnya bisa terlepas dari pengaruh obat-obatan. Lagu-lagu yang dimainkan SLANK pun banyak mengajak kaum remaja untuk aware dengan penyalahgunaan obat. Kalau menurut Bimbim, menggunakan obat-obat terlarang itu nggak keren, norak dan kampungan. Kalau mau keren ya tunjukkan dengan prestasi, dengan bakat yang membanggakan dan bakat yang positif.

Selain SLANK juga hadir 110 siswa perwakilan dari SMA seDKI Jakarta juga turut serta dalam acara tersebut. Diantaranya dari SMAN 77, SMAN 61, SMAN 78, SMAN 71, SMAN 30, SMAN 1, SMAN 21, SMAN 3,SMAN 5 dan SMA Santa Ursula yang  menyanyikan lagu/jingle #TolakPenyalahgunaanObat.

wp-image--1584212673
Contoh obat-obat yang ditemukan dan disita oleh BPOM yang ada di pasaran (Dok:penulis)

Acara pencanangan hari itu dilanjutkan dengan pemusnahan secara simbolis temuan obat-obat ilegal oleh Badan POM selama kurun waktu 2014-2016 yang apabila dikonversikan senilai 61,55 Milyar Rupiah. Nilai yang fantastis ya.. Saya bayangkan jumlah itu untuk membiayai anak-anak yang berprestasi untuk maju ke ajang internasional atau bahkan untuk mendanai fasilitas-fasilitas umum untuk kepentingan anak-anak. Oleh sebab itu sudah seharusnya kita bersama aparat terkait bekerja sama memberantas peredaran dan penyalahgunaan obat-obat terlarang sebagai suatu #AksiNasional.

wp-image-172885082
Saya Blogger #TolakPenyalahgunaanObat #BerantasObatIlegal (Dok:penulis)

 

HQ’17

 

 

 

Kesehatan, Uncategorized

Ngidam, Nikmati Serunya Yuuk

Ngidam untuk sebagian ibu hamil mungkin dirasa aneh atau ada yang malah biasa aja. Gak berbeda dengan pengalaman saya sewaktu hamil dulu. Oiya, saya sudah mengalami 3 kali kehamilan dan Alhamdulillah ketiga anak saya lahir dengan sehat dan selamat. 

Dari ketiga kehamilan saya itu, saya alami ngidam yang berbeda. Menurut Dr.Med.dr.Damar PrasmusintoSpOG (K) ngidam itu hal yang wajar kok untuk ibu hamil, karena dipicu oleh meningkatnya Peptida Opiod Endogen (POE). Tapi sebaiknya harus dicermati asupan nutrisi yang masuk agar janin tidak kekurangan gizi dan terbentuk dengan baik, jadi jangan asal menuruti keinginan ngidam. 

Dr.Med.dr.Damar Prasmusinto, Sp.OG(K)

Kebiasaan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan nutrisi Bunda dan si Kecil dapat menimbulkan resiko negatif pada saat melahirkan, seperti kelahiran prematur atau berat badan kurang. Hal itu pernah lho saya alami sewaktu hamil anak kedua. Selama trimester pertama sampai trimester ketiga saya mengalami mual muntah yang tidak berkesudahan. Duuh rasanya apa yang saya makan itu gak enak dan kalaupun masuk, gak lama pasti keluar lagi.

Hal itu sempat membuat saya khawatir, apakah janin saya ini akan terpenuhi nutrisinya. Apalagi di trimester terakhir saya sempat mengalami pendarahan dan diharuskan bedrest selama seminggu di rumah sakit. Duuh semakin gak karuan deh rasanya, ditambah lagi dokter yang menangani saya mengatakan bahwa janin saya belum cukup berat badannya untuk lahir. Jadi selama 2 bulan sebelum lahir, saya diharuskan mendapat asupan nutrisi yang cukup dan seimbang untuk mendongkrak berat badan janin. 
Alhamdulillah di usia 9 bulan kehamilan dokter mengatakan bahwa saya dan janin mengalami kemajuan yang memuaskan dan janin siap untuk dilahirkan. Ternyata pengaruh sekali ya ngidam dan perubahan emosi ibu hamil ke janin yang di kandung.

Christina Natalia, Marketing Manager Nutricia Sarihusada

Sehubungan dengan ngidam tersebut, Nutricia Sarihusada akan menyelenggarakan “Festival Ngidam SGM Bunda” pada tanggal 2-3 September 2017 di Sumarecon Mall Bekasi. Seperti yang dijelaskan ibu Christina Natalia selaku Marketing Manager Nutricia Sarihusada pada acara media gathering Festival Ngidam SGM Bunda di resto Kembang Goela, 24 Agustus 2017 lalu, bahwa pemenuhan nutrisi selama masa kehamilan sangat penting agar tumbuh kembang si kecil di kandungan menjadi optimal. 

Selain menerapkan pola makan seimbang, Festival Ngidam SGM Bunda menghadirkan rangkaian aktifitas edukasi nutrisi yang lengkap dan menyenangkan. Karena pada dasarnya ibu hamil itu tidak hanya mengalami kendala dikarenakan ngidamnya itu tapi juga mengalami perubahan emosi dan psikologis.

Rasa cemas dan khawatir seperti yang saya alami itu ternyata dipicu juga oleh baik faktor internal maupun eksternal. Faktor internal berupa rasa keinginan akan sesuatu yang bisa saja bunda dapatkan, misalkan ingin makanan yang asam-asam seperti rujak. Dan ngidamnya ibu hamil itu beda-beda lho. Bahkan justru ada yang mengalami ngidam itu sang ayah, karena adanya hubungan psikologis.

Tara de Thouars, BA, M.Psi

Momen ngidam ini sebaiknya dimanfaatkan bunda untuk mengontrol emosi, dengan mengatakan apa yang dirasakan kepada pasangan. Sang ayahpun sebaiknya memberikan perhatian dan siap memberikan dukungan agar bunda menjalani kehamilan dengan rileks dan menyenangkan. Rasa nyaman bunda juga dirasakan oleh si kecil di kandungan lho, sehingga pertumbuhan sikecil bisa optimal, demikian penjelasan Tara de Thouars, BA, M.Psi seorang pakar psikolog keluarga.

Dalam rangkaian kegiatan Festival Ngidam SGM Bunda nanti, bunda diajak untuk mengikuti aneka acara seperti konsultasi seputar kehamilan dan nutrisi, talkshow perencanaan keuangan, juga kelas senam hamil, edukasi laktasi bahkan ada demo masak juga bersama Master Chef Indonesia, lengkap deh.

Rangkaian kegiatannya antara lain ada Ngidam Jajan yang menghadirkan sajian kuliner lezat dan bergizi. Juga ada Ngidam Dimanja dengan fasilitas perawatan kecantikan, relaksasi hingga terapi. Yang ditunggu-tunggu di setiap acara nih yaitu Ngidam Eksis seperti photo booth dan fashion show ibu hamil, seru ya. Tapi gak cuma itu lho, masih ada lagi yaitu Ngidam Ketemu Artis. Nah di tanggal 2-3 September nanti siapa ya kira-kira artisnya yang ada di Festival Ngidam SGM Bunda nanti? Daripada penasaran yuuk kita kunjungi sama-sama dan ikuti rangkaian acaranya.

HQ’17